Skip to main content

Sukses Memperbaiki Canon G2000 Error Kode 5012

Sebelum anda mencoba mengikuti instruksi tentang cara memperbaiki printer canon yang mengalami error kode 5012 dengan ciri - ciri lampu indikator power dan daya yang berkedip - kedip, harap diperhatikan bahwa segara resiko yang timbul setelah anda mengikuti panduan yang saya bagikan disini adalah murni tanggung jawab anda sendiri. Disarankan untuk dilakukan perbaikan oleh tenaga ahli dibidangnya atau jika anda sudah siap dengan segala resikonya, mari lanjutkan membaca postingan ini sampai dengan selesai.

Apabila printer anda mengalami kasus printer macet sehingga tidak bisa melakukan pencetakan (ngeprint) dengan ciri - ciri lampu indikator daya (logo tegangan/petir) dan tombol power berkedip secara bergantikan, untuk mengetahui jenis kode errornya, silahkan anda lakukan test print. Jika printer tidak mau ngeprint, biasanya akan muncul pemberitahuan dilayar monitor laptop dengan keterangan "Supprot Code 5012".

Kode error 5012 pada printer multifungsi G series termasuk seri G2000 biasanya berkenaan dengan scanner. Jika printer canon jenis MP code error scannernya adalah 5011 dan lampu indikatornya akan berkedip - kedip juga serta akan muncul peringatan P22.

Munculnya error support code 5012 pada printer canon G2000 disebabkan kerana banyak faktor seperti kerusakan pada kabel fleksi scannernya, bisa karena scannernya, bisa juga karena dinamonya, dan bisa juga karena kabel power fleksinya yang bermasalah. Namun yang lumah terjadi munculnya kode 5012 disebabkan karena kerusakan pada kabel fleksi yang nempel kekonektor khususnya untuk printer yang sudah berumur. Untuk mengetahuinya, silahkan anda matikan printer dan cabut kabel power serta kabel usb untuk menghindari korsleting. Buka 2 buah baut pada tutup bagian belakang. Buka tutup cover bagian kanan printer dengan hati - hati (tutup cover bagian kanan tidak memiliki baut, yang ada hanya kaitan penguncinya saja).

Cek semua kedua buah kabel fleksi yang nempel ke konektor (lihat gambar pertama diatas). Pastikan kabel fleksibel yang nempel ke konektor tidak ada yang tertekuk, kotor atau aus karena terjepit. Jika kotor silahkan anda bersihkan, namun apabila aus silahkan anda potong sedikit ujung kabel fleksibel yang aus tersebut. Silahkan anda pasang kembali kabel fleksibel tersebut seperti semula dan apabila sudah terpasang, silahkan anda hidupkan printer dan jika berhasil maka printer akan melakukan head cleaning. Silahkan anda tunggu proses head cleaning tersebut.

Lakukan test print dan jangan lupa test print juga melalui scannernya untuk memastikan scanner tersebut berjalan dengan normal. Apabila masih error lampu indikator power dan daya masih berkedip - kedip, bisa jadi yang bermasalah adalah scanner unitnya atau yang lainnya seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Jika demikian sebaiknya anda bawa ke tempat service terdekat.

Itulah cara memperbaiki printer canon G2000 yang tidak bisa ngeprint karena error 5012 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Newest Post

PrivacySitemap
©2021 JAP KARDUS