Skip to main content

Cara Merekam Panggilan Suara di Aplikasi WhastApp (WA)

Mungkin untuk sebagian orang, merekam suatu percapakan baik itu melalui telepon seluler maupun percakapan via whatsapp sangatlah penting. Misalnya hasil dari percakapan tersebut bisa digunakan untuk barang bukti entah itu tindakan kriminal, pelecehan, penipuan atau mungkin percakapan antara orang - orang tercinta seperti percakapan antara anak dan ibunya.

Dengan merekam percakapan, artinya kita dapat mengulang kembali obrolan apa saja yang telah kita bicarakan. Khusus pada postingan ini, saya ingin berbagi trik tentang bagaimana cara merekam percakapan pada aplikasi whatsapp. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi whastapp kini telah menjelma menjadi media komunikasi yang efektif. Sehingga sampai saat ini pun penggunanya semakin bertambah banyak.

Semakin kesini, whatsapp terus berupaya memanjakan semua penggunanya dengan cara menambah berbagai fitur seperti video call, berkirim pesan, membuat status, melakukan panggilan, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, sampai saat ini tidak ada fitur rekam percakapan. Jika anda ingin merekam percakapan dari aplikasi whatsapp, anda harus menggunakan salah satu trik yang mana yang menurut anda paling mudah untuk anda gunakan.

Merekam Panggilan Suara di Aplikasi WhastApp [Pengguna Android]

Jika anda pengguna android yang ingin mencoba untuk merekam panggilan suara di Wahstapp, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Call Recorder Cube ACR yang bisa anda cari dengan mudah di google playstore.

Setelah aplikasi Call Recorder Cube ACR berhasil anda install, silahkan anda buka aplikasi tersebut dan pada saat anda berada dihalaman utama aplikasi akan muncul notifikasi persetujuan akses seperti izin akses penyimpanan, mikrofon, dan sebagainya. Silahkan anda beri izin "Ya".

Apabila sudah mendapatkan izin akses, anda juga perlu mengklik bagian "Grant permissions". Setelah seluruh tahapan tadi anda ikuti, sekarang buka aplikasi whatsapp anda dan cobalah untuk menghubungi nomor tujuan yang akan anda rekam sehinggan nanti akan muncul jendela pintasan (pop-up) pada layar smartphone anda. Klik ikon yang berlogo microfon tersebut.

Selamat! anda sudah berhasil melakukan perekaman panggilan suara dari aplikasi whatsapp.

Merekam Panggilan Suara di Aplikasi WhatsApp Tanpa Software Bantuan

Jika yang tadi cara merekam panggilan suara menggunakan aplikasi pihak ketiga (software bantuan), sebetulnya anda juga bisa memanfaat fitur rekaman yang ada di smartphone anda dan caranya pun sanngatlah mudah.

Untuk langkah - langkahnya yaitu:

  1. tentukan terlebih dahulu nomor whatsapp target yang akan anda rekam;
  2. buka aplikasi whatsapp dan lakukan panggilan suara kenomor whatsapp tujuan;
  3. tekan tombol home pada layar smartphone anda;
  4. buka aplikasi perekam suara bawaan smartphone anda;
  5. aktifkan perekam suara tersebut;
  6. selesai.

Catatan: yang saya maksud dengan aplikasi pihak ketiga pada tutorial ini adalah anda tidak perlu lagi mengintal aplikasi perekam suara karena sejatinya tiap smartphone pastinya sudah tersedia aplikasi perekam suara bawaan, meskipun fiturnya sangat terbatas berbeda dengan aplikasi - aplikasi pihak ketiga yang ada di playstore.

Merekam Panggilan Suara di Aplikasi WhastApp [Pengguna iOS]

Jika anda pengguna iOS, sebelum anda merekam panggilan suara di aplikasi whatsapp, pastikan anda sudah menghubungkan iPhone yang akan anda gunakan untuk merekam ke perangkat Mac. Apabila sudah terhubung, klik opsi "Trust this computer on the iPhone".

Buka aplikasi "QuiqTime" dari perangkat Mac. Tepat dibagian bawahnya langsung saja anda pilih opsi "New audio recording", kemudian pilih perangkat iPhone yang sudah anda sambungkan tadi.

Buka aplikasi WhatsApp di-iPhone anda, kemudian panggil nomor yang ingin anda rekam. Setelah panggilan tersebut terhubung, silahkan tekan "Record" yang ada di aplikasi QuiqTime di-Mac tadi. Nah dari sinilah anda sudah berhasil merekam percakapan.

Apabila percakapan yang anda rekam telah selesai, jangan lupa tekan "Stop" diperangkat Mac anda. Nantinya hasil rekaman tersebut secara otomatis tersimpan di perangkat Mac anda.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 JAP KARDUS