Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Penyebab dan Solusi Mengatasi Error P02 Printer Canon Mp287

Menghilangkan error kode P02 pada printer Canon MP287 tampaknya sulit dilakukan bagi orang yang tidak begitu familiar dengan kode - kode error printer. Biasanya penyebab munculnya error P02 terjadi ketika printer menyala namun pergerakan rumah kartrid terlalu cepat dari biasanya atau bisa juga karena adanya kertas yang tersangkut atau adanya kabel sensor yang terputus. Untuk mengatasinya silahkan anda lanjutkan membaca postingan ini sampai dengan selesai ya.

Printer Canon Mp287 merupakan jenis printer multifungsi banyak digunakan instansi maupun usahan rumahan. Karena selain bisa mencetak dengan hasil cetak yang cukup bagus, bisa juga untuk fotokopi dokumen (scandokumen).

Soal harga, saat ini harga dari printer Canon Pixma MP287 dibanderol dengan harga 1 jutaan saja. Ketika pertama kali anda membeli printer Canon Mp287, pertama - tama agar printer dapat terhubung dengan perangkat komputer/laptop harus terlebih dahulu melakukan instalasi drivernya yang dapat anda unduh melalui tautan https://id.canon/id/support/PIXMA%20MP287/model. Selain itu, printer tersebut dapatdipasangkan dengan tabung infus yang mana ketika tinta habis dapat terisi secara otomatis. Namun saya sendiri tidak menyarankan untuk menggunakan tabung infus karena rawan mampet pada selang - selangnya. Sebaiknya gunakan suntik manual saja agar lebih terkontrol.

Error Kode P02 Printer Canon Mp287

Ada banyak cara untuk memperbaiki kerusakan atau error P02 di printer Canon MP287. Beberapa cara di bawah ini saya harap anda dapat memperhatikannya dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan dalam mempraktekannya. Jika cara ini tidak berhasil juga, mungkin ada sesuatu yang terlewatkan atau kurang bersih saat membersihkan komponen printer (tabung infus, cartridge kepala).

#1 Mengatasi Kesalahan Canon MP287 Error P02

  1. Pastikan kondisi printer dalam keadaan off, lepaskan kabel daya dan kabel printer USB;
  2. Kemudian bongkar seluruh casing printer untuk sementara;
  3. Setelah printer dibongkar, coba bersihkan piringan di sebelah kiri printer dengan kain kering/tissue;
  4. Bersihkan juga pita printer yang melintasi rumah kartrid;
  5. Pasang kembali casing printer seperti dalam keadaan semula.

Setelah langkah diatas selesai anda praktekan dan tidak ada kesalahan dalam pemasangannya, silahkan anda hidupkan printer dan cobalah untuk melakukan cetak dokumen. Apabila error tersebut tidak hilang juga, cabalah untuk mempraktekan cara yang kedua.

#2 Mengatasi Kesalahan Canon MP287 Error P02

  1. Periksa kembali jalur gerak kartrid. Biasanya pada jalur tersebut seringkali ditemukan kertas robek yang tersangkut sehingga muncul error kode P02;
  2. Jika anda menggunakan selang infus, periksa selang tersebut apakah ada yang nyangkut atau tidak yang dapat meyebabkan pergerakan kartrid sulit bergerak;

Apabila tidak berhasil juga, kemungkinan terburuknya yaitu anda harus mengganti motor dinamo yang terletak dibagian belakang printer.

Sebelum anda mengganti motor dinamo printer, cobalah untuk menggunakan opsi terakhir dengan cara :

  1. Matikan printer, cabut kabel daya;
  2. Bongkar casing printer dengan menggunakan obeng dengan hati-hati;
  3. Periksa roll penarik kertas, kemungkinan roller tersebut ada yang sudah aus. Cobalah untuk menggantinya dengan roller baru;
  4. Periksa jalur keluar masuk kertas, pastikan tidak ada objek/benda yang mengganggu jalur keluar masuknya kertas.

Itulah beberapa solusi ketika muncul error kode P02 pada printer pixma MP287. Semoga postingan ini menjadi referensi dalam memperbaiki kerusakan printer khususnya Canon MP287.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar