Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Indikator Epson L3150 Berkedip? Segeralah Reset Agar Normal Kembali

Sesuai dengan pertanyaan pada judul diatas dan berlaku untuk printer Epson L3150 saja, akan tetapi berlaku juga pada seri - seri lainnya seperti Epson L3110, L3100, dan L3001 apabila lampu indikator Berkedip - kedip segeralah untuk dirset. Printer L3150 merupakan salah satu printer All In One yang artinya sudah bisa melakukan cetak, Scanner, dan fotocopy yang merupakan printer terbaru yang di produksi oleh perusahaan Epson dan cukup banyak digunakan untuk saat ini.

Printer seri L3150 sendiri merupakan seri lanjutan dari seri L sebelum - sebelumnya, seperti seri L110, L120, L130, L210, L220 dan seterusnya. Penyebab error lampu indikator berkedip - kedip biasanya terjadi karena kertas macet, cartridge error, roller sudah tipis, tabung pembuangan tinta sudah kepenuhan, Ink waste is full, dan ink pad counter sudah melebihi batas maksimal cetak sehingga memerlukan reset.

Umumnya yang kasus yang sering ditemui pada printer Epson L3150 dan seri lainnya disebabkan karena Ink waste is full, service required, atau Ink pad is at the end of its service live yang tentunya dapat kita reset dengan menggunakan bantuan resetter. Untuk kasus lainnya sangat jarang terjadi pada semua jenis printer Epson, mengingat Epson merupakan salah produk yang terkenal bandel dan awet. Kasus yang saya sebutkan tadi adalah kasus umum akibat dari pemakaian.

Baca Juga: Reset Epson L1300 Wasted Ink Pad Counter

2 Cara Reset Epson L3110, L3100, L3001, dan L3150

Ada 2 cara untuk melakukan reset printer, yakni secara manual dan dengan menggunakan aplikasi resetter. Untuk cara manual langkahnya yaitu:

  1. cabut kabel power kurang lebih selama 3 hingga 5 menit;
  2. colok kembali kabel power dan nyalakan kembali seperti pada umumnya anda menyalakan printer yakni dengan menekan tombol power;
  3. setelah printer menyala sempurna, silahkan tekan dan tahan tombol Resume selama 5 detik, kemudian lepaskan;
  4. tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan;
  5. tunggu proses reset tersebut sampai dengan selesai. Bila berhasil, lampu indikator akan berhenti berkedip alias normal kembali.

Sedangkan cara untuk mereset printer dengan bantuan aplikasi resetter Ajustment Program Epson, langkah - langkahnya sebagai berikut:

  1. jalankan resetter Epson L3150 dan pilih Select untuk mencari model printer;
  2. pilih Particular Adjustment Mode;
  3. pilih Waste ink pad counter;
  4. tahap berikutnya silahkan anda beri tanda ceklis pada kotak "Main pad counter" dan "Platen pad counter";
  5. klik tombol initialize dan tunggu beberapa detik sehingga muncul jendela popup "Please turn off and turn on your printer. Matikan ptinter dan hidupkan kembali printer; dan
  6. selesai.

sekarang cek lampu indikator printer apakah masih berkedip - kedip atau sudah normal. Jika tidak berkedip berarti anda telah sukses melakukan reset. Namun apabila lampu indikatornya masih kerkedip, berarti anda gagal melakukan resetnya dan silahkan anda coba lagi langkah - langkahnya jangan sampai ada yang terlewatkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar