Skip to main content

Cara Isi Ulang Toner Cartridge HP Laserjet 85a P1102

Pengalaman memang sangat berharga. Ada yang sudah lebih dahulu punya pengalaman tapi sayang tidak segera dibagi ke orang yang mungkin saja bisa menjadi motivasi. Semenjak memiliki printer HP Laserjet type P1102, sudah lama saya mencari tutorial tentang bagaimana cara mengisi ulang toner printer tersebut dengan cara baik dan benar tentunya. Baik dan benar disini bisa diartikan tidak merusak komponen yang ada.

Memiliki Printer Laser merupakan opsi terbaik dalam hal mengurangi pengeluaran untuk biaya cetak dibanding dengan printer yang memakai tinta cair. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, dengan memakai serbuk toner khususnya pada HP Laserjet 85a P1102 sangatlah irit. Akan tetapi persoalannya yang mungkin belum banyak yang tahu yaitu mengisi printer laser tidaklah semudah mengisi printer yang menggunakan tinta cair. Memang banyak jasa-jasa untuk pengisian printer laser tetapi biayanya sangatlah mahal.Untuk sekali isi printer dikenakan rata-rata Rp. 100.000 sudah termasuk part padahal kalau kita bisa mengisi sendiri kita bisa menghemat sekita 8 x lipat dari kita menggunakan jasa.

Sebelum saya lanjutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengisi ulang printer HP Laserjet 85a P1102. Pertama siapkan alat berupa obeng +, vacum cleaner (atau kuas), kertas koran (sebagai alas), dan serbuk toner.

Berikut Cara Refill Toner :

  1. Buka drum film. Caranya buka sekrup yang ada di samping kiri dan kanan, saat drum film sudah longgar. Cabut drum perlahan-lahan (jangan sampai cacat) dengan mencongkel salah satu sisi cartridge yang longgar (jangan sampai patah).
  2. Setelah drum film dilepas dari cartridge akan terlihat deploping/magnet rol yg berwarna hitam (tempat toner), Lalu putar gear cartridge (hati-hati jangan salah arah. jika salah toner akan keluar dari magnet rollnya. apabila itu sempat terjadi maka putarlah gear tadi ke arah yang berlawanan).
  3. Bila putaran gear sudah betul, masukan toner sedikit demi sedikit sambil memutar gearnya. Memang agak sedikit repot dan kotor, tetapi cara inilah yang dianggap sangat memuaskan. Untuk memasukan toner ke magnet roll gunakan kertas sebagai sendoknya. Biasanya 1 cartridge bisa di isi lebih kurang 200 gr maksimal.
  4. Setelah selesai diisi jangan langsung di pasang dulu drumnya, bersihkan dahulu karet / blit pembersih drum film. Letaknya dibagian atas magnet roll. setelah itu beri sedikit bedak bayi di sekitar karet/blit agar tidak kesat. apabila karet/blit kesat dapat merusak drum film.
  5. Sesudah karet/blit di bersihkan, pasang kembali drum filmnya dengan hati-hati.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Jika dirasa kurang jelas, sebagai referensinya anda dapat menyimak video dibawah ini :

Catatan:

pada saat isi ulang serbuk toner, yang perlu di perhatikan Jangan sampai merusak bagian karet yang menempel di plat logam yang ada pada bagian pembuangan serbuk toner, karena ini merupakan salah satu bagian yang sangat mudah rusak, terlepas atau robek. Membuka dan membersihkannya harus hati-hati. Jangan juga sampai serbuk hitam itu terhirup saat membersihkannya. Partikel serbuknya sangat halus Dikhawatirkan menempel di paru-paru kita dan ini jelas berbahaya menurut saya.alangkah baiknya menggunakan masker sebelum pengerjaan.

kita bisa mengganti chipnya atau tidak, tergantung kondisi, tapi kebanyakan kita tidak perlu mengganti chip nya. Kalau chip sudah rusak (meskipun jarang rusak kalau tidak terjadi korslet), baru dilakukan penggantian, tapi kalau kotor kita bisa gunakan karet penghapus untuk membersihkannya.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 JAP KARDUS