Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Trik Menghilangkan Error Kode 5200 Pada Printer Canon MP287

Kembali lagi bersama admin kardus, punya masalah error pada printer? khususnya error kode yang terjadi pada printer canon pixma MP2587? nah, semoga trik berikut dapat menjadi solusinya ya.

Sebetulnya trik ini sudah amat sangat banyak ditemukan diinternet, namun sengaja saya bahas kembali agar saya juga punya catatan yang bilamana sewaktu - waktu diperlukan sudah tidak perlu lagi mencarinya jauh - jauh. Namanya manusia kan tempatnya lupa dan kalau ada catatan kan enak tidak perlu nulis dibuku catatan, cukup simpan diblog selama masih blog-nya masih bisa diakses maka selama itu juga triknya akan tetap anda.

Bagi anda yang mendapati printer MP258 yang menunjukan error kode 5200 yang ditandi dengan adanya kedipan - kedipan pada lampu indikator printer, jangan langsung mem-vonis bahwa sudah waktunya mengganti dengan cartridge yang baru. Cobalah perbaiki terlebih dahulu dan siapa tahu error tersebut bisa hilang.

Untuk diketahui bahwa error kode 5200 itu hanya muncul dilayar monitor saya, sedangkan pada tampilan printer, kodenya adalah P08.

Printer Canon MP287 Error Kode 5200

Memperbaiki printer itu butuh ketelitian dan kesabaran dan cara atau teknik perbaikannya pun ada yang bisa berhasil dengan bantuan software (resetter) anda juga yang berhasil tanpa harus menggunakan resetter.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya error B5200 atau P80, yaitu :

  1. Chip cartrdige terlalu panas atau yang lebih parahnya adalah aus/rusak;
  2. Bisa juga karena ada sensor yang kotor; dan
  3. Perlu direset ulang;

Untuk memulai pengecekannya, silahkan anda ikuti langkah - langkah berikut ini :

  1. Keluarkan semua cartridge (black dan color) dan bersihkan bagian chip-nya. Bila perlu bersihkan juga bagian printhead-nya secara perlahan dengan menggunakan air hangat atau cairan alkohol;
  2. Untuk bagian chip/konektor bisa dibersihkan dengan cara dikerik pelan - pelan atau bisa juga dengan menggunakan penghapus;
  3. Bersihkan juga pada bagian sensor - sensornya;

Setelah semuanya dibersihkan, terakhir lakukan reset dengan cara manual saja dulu ya. Caranya yaitu :

  1. Pastikan printer dalam keadaan tidak menyala terlebih dahulu;
  2. Tekan dan tahan tombol stop/reset dan tombol power (jangan dilepas dulu ya);
  3. Dalam keadaan tombol stop/reset dan tombol power masih ditekan, lepaskan tombol stop/reset dan tekan kembali tombol stop/reset sebanyak 2 kali;
  4. Lepaskan semua tombol secara bersamaan hingga pada tampilan LCD panel printer menunjakan angka 0 (nol);
  5. Sampai disini printer akan mendeteksi sebagai perangkat baru, abaikan saja;
  6. Tekan tombol power agar printer off;
  7. Nyalakan kembali printer; dan
  8. Selesai.

Apabila menggunakan cara menual seperti diatas masih tidak bisa hilang juga error-nya. silahkan anda gunakan tool resetter canon pixma MP 287.

Ikuti semua panduannya dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan agar proses perbaikannya dapat berjalan dengan lancar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar