Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Memperbaiki Printer Canon Error Kode 5100

Bicara soal printer, siapa sih yang tidak kenal dengan alat cetak tersebut. Dalam hal cetak mencetak, printer dapat digunakan untuk mencetak data menjadi bentuk lembaran kertas. Namun terkadang permasalahan yang acap kali muncul pada printer Canon IP2770 yaitu adanya error 5100.

Error kode 5100 biasanya terjadi setelah anda mengisi tinta dan pada saat sedang membersihkan catridge. Untuk meghilangkan error tersebut, anda dapat memeriksa pada bagian chip cartridge maupun area pergerakan cartridge apakah ada benda asing yang masuk kedalam mesin pencetak printer atau bisa juga karena adanya selang infus yang mangganggu.

Darimana kita tahu kalau printer kita ini error kode 5100? Kita bisa mengetahui error kode 5100 karena pada layar monitor muncul pesan pemberitahuan dan dari lampu resume serta lampu power blinking printernya itu sendiri mulai berkedip - kedip tidak normal yang menandakan butuh perhatian.

Printer Error 5100

Berikut ini adalah panduan dasar yang dapat anda lakukan tentang cara menghilangkan kode error 5100 pada printer canon IP2770 sebelum membawanya ketempat service. Artinya jika bisa diperbaiki sendiri, otomatis anda tidak perlu lagi membuat jadwal untuk membawa printer kesayangan anda ketempat service.

  1. Matikan printer dan cabut juga kabel colokan listriknya beserta kabel USB yang terhubung ke komputer/laptop;
  2. Buka penutup printer lalu Keluarkan kedua Cartridge dari kedudukannya;
  3. Bersihkan bagian permukaan kedudukan cartridege beserta chip/konektor terminal catridge dengan menggunakan kain halus yang dibasahi dengan alkohol (bersihkan dengan pelan dan tidak ditekan);
  4. Pasang kembali kedua Catridge yang sudah dibersihkan tersebut; dan
  5. Mulai hidupkan printer.

Apabila setelah mempraktekan cara diatas kode tersebut tidak hilang juga, cobalah untuk melakukan reset printer dan jika tetap tidak mau hilang, bisa jadi sudah waktunya anda harus mengganti cartride printer dengan yang baru.

Saran dari saya agar printer tahan lama sebaiknya pada saat mencetak (ngeprint) pastikan dijeda, minimal setiap 10 lembar harus diistirahatkan dulu minimal 60 detik, lalu mulai lanjutkan kembali proses ngeprint-nya. Cara ini efektif supaya mesin tidak cepat panas dan bila perlu kasih pelumas pada jalur pergerakan cartridge.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar