Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Risih Dengan User Account Control? Begini Cara Menonaktifkannya

Salah satu fitur yang terdapat pada sistem operasi yang menurut saya cukup mengganggu keberadaannya adalah fitur UAC (User Account Control). Memang betul fitur tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan keamanan pada sistem Windows yaitu untuk mengizinkan aplikasi mana saja yang boleh barjalan pada windows, terutama pada saat akan membuka aplikasi atau pada saat akan menginstal sebuah aplikasi.

Namun apabila di komputer/laptop anda sudah terdapat anti-virus yang bagus, saya rasa fitur tersebut tidak begitu penting penting amat dan malah sebaliknya bagi saya hanya mengganggu karena selalu muncul ketika akan akan membuka salah satu aplikasi yang dianggapnya berbahaya padahal aplikasi tersebut tidak terdeteksi mengandung virus maupun Malware atau sejenisnya.

Nah, bagi anda yang risik akan keberadaan fitur UAC ini, anda dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan mudah melalui Registry Editor. Pada registry editor ini Anda juga dapat mengaktifkannya kembali jadi tidak perlu khawatir kalau nantinya perngkat komputer anda menjadi rusak.

Cara Mematikan User Account Control Windows

Cara yang akan saya bagikan ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7, Windows Vista, Windows 8.1 maupun Windows 10. Untuk langkah - langkahnya, mari simak seperti berikut ini :

  1. Buka Registry Editor;
  2. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE, SOFTWARE, Microsoft, Windows, CurrentVersion, Policies, System;
  3. Klik 2x tepat pada key EnableLUA;
  4. Pada bagian value data, silahkan anda ganti dari menjadi angka 0 (nol);
  5. Restart komputer/laptop anda;
  6. Selesai.

Setelah komputer/laptop yang direstart tadi hidup kembali, maka anda sudah tidak akan menemukan lagi notifikasi UAC ketika akan menjalankan atau membuka aplikasi maupun akan menginstal aplikasi. Namun jika anda ingin menampilan fitur UAC kembali, silahkan anda ikuti kembali cara diatas dan pada value data di bagian EnableLUA dikembalikan kembali menjadi angka 1 (satu).

Bagaimana? sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan pernah takut untuk melakukan percobaan karena setiap kegagalan pasti akan ada jalan keluarnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar