Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

Melalui artikel ini saya bermaksud untuk berbagi pengalaman tentang cara upgrade windows 7 ke windows 10 tanpa install ulang baik itu versi 32 bit maupun versi 64 bit. Namun sebelum anda melangkah lebih jauh, bagi pemilik komputer/laptop lawas harus mengetahui dulu spesifikasi minimum komputer/laptop untuk bisa menjalankan sistem operasi (OS) windows 10.

Seperti yang ramai diperbicangkan didunia maya bahwa mulai Januari 2020, dukungan untuk sistem operasi windows 7 telah dihentikan yang mana jika pengguna windows 7 tetap nekat bertahan, kemungkinan besar sistem keamanan dari perangkat tersebut akan sangat rentan dengan virus maupun malware.

Nah, jika sistem operasi pada perangkat anda ingin tetap mendapatkan dukungana secara penuh dari microsoft, maka mau tidak mau harus beralah ke windows 10.

Spesifikasi Minimun wondows 10 (32 bit/64 bit)

Berikut ini merupakan spesifikasi paling rendah untuk bisa menjalankan windows 10, diantaranya yaitu :

  1. Minimal prosesor paling rendah yang dapat dipakai sebesar 1 Ghz;
  2. RAM sebesar 1 GB untuk windows 10 versi 32 bit dan RAM sebesar 2 GB untuk windows 10 versi 64 bit;
  3. Ruang penyimpanan internal (hardisk) sebesar 16 GB.

Diatas merupakan gambaran yang paling dasar untuk bisa menjalankan sistem operasi windows 10. Jika spesifikasi komputer/laptop anda berada dibawah spesifikasi minimum yang saya sebutkan tadi. Sebaiknya tutup rapat - rapat niat anda untuk melakukan upgrade ke windows 10.

Apabila spesifikasi komputer/laptop anda sudah memenuhi persyaratan, maka untuk bisa melakukan upgrade ke windows 10 tanpa install ulang caranya sangatlah mudah. Namun setidaknya anda harus menyiapkan paket data internet paling kecil sebesar 5 GB dan memiliki kecepatan internet yang stabil supaya proses upgrade-nya menjadi lebih cepat.

Cara yang saya jabarkan disini yaitu upgrade windows 10 secara online, untuk melakukan upgrade secara offline saya sendiri belum mencobanya. Selain menyiapkan paket data internet, terdapat 1 (satu) tools yang harus anda unduh yaitu tool resmi dari microsoft windows yang bernama Windows 10 Update Assistent.

Kelemahan melakukan upgrade windows 10 secara online biasanya waktu instalasinya cukup lama, terlebih jika koneksi internet yang anda pakai sangat lambat. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan koneksi internter yang stabil ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar