Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Ini Dia 5 Fitur Canggih WhatsApp Rilis di Tahun 2020

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau aplikasi perpesanan yang satu ini merupakan aplikasi paling populer yang sering dipakai dalam berkirim pesan secara gratis. Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna dan tentunya persaingan dari beberapa aplikasi chatting yang sejenisnya, WhatsApp selalu terus berinovasi berbagai fitur canggih supaya pengguna semakin aman, nyaman dan tetap terjaga privasinya.

Sepanjang tahun ini, aplikasi yang masuk ke dalam keluarga besar Facebook (WhatsApps dan Instagram) telah merilis banyak fitur-fitur canggih yang bisa anda coba gunakan dalam berkirim pesan.

Berikut merupakan serangkaian fitur canggih aplikasi WhatsApp di 2020 :

1. Picture in Picture

Untuk fitur yang satu ini sebetulnya sudah ada sejak 2018, akan tetapi mungkin karena banyak yang belum mengetahuinya maka WhatsApp kembali meramaikannya diawal tahun 2020.

Fungsi dari fitur picture in picture yaitu dapat digunakan untuk membuka sebuah kiriman video yang bersumber dari YouTube tanpa harus meninggalkan aplikasi WhatsApp jika ingin menontonnya. Fungsi tersebut hanya akan bekerja apabila anda men-tap tumbnail video, itu artinya jika anda men-tap link url maka anda akan diarahkan ke-url.

Jadi, untuk bisa menggunakan fitur picture in picture, pastikan anda harus men-tap tepat pada tumbnail video ya.

2. Berbagi Status dengan Facebook Story

Salah satu kesamaan dari aplikasi seperti whatsapp, facebook dan insagram yaitu kehadiran fitur status (Story) yang mana status yang telah diunggah akan hilang dalam 24 jam kedepan.

Apabila anda mengunggah status via WhatsApp, maka tidak lama kemudian akan terdapat opsi share to Facebook Story.

Jadi, dengan adanya fitur sharing ini apabila anda ingin membuat status yang sama antara WhatsApp dengan Facebook, maka cukup membuatnya satu kali saja di WhatsApp kemudian pilih opsi share to Facebook Story.

3. Forward Pesan Terbatas

Pada bulan Januari yang lalu WhatsApp merilis fitur pembatasan pesan (forwarding limit) menjadi 5 kali saja. Tujuan pembatasan pesan ini dilakukan guna menghindari peredaran berita-berita hoax dan ujaran kebencian dan ini juga berlaku di semua negara yang menggunakan aplikasi whatsapp dalam berkirim pesan.

Seperti yang kita ketahui bahwa berita-berita hoax sangat mudah disebarkan melalui media sosial. Oleh sebab itu bijaklah dalam bermedia sosial dan pastikan anda mencari sumber kebenaran suatu informasi sebelum melakukan sharing ke orang lain.

4. Fingerprint Lock (android dan IOS)

Belum lama ini WhatsApp resmi menghadirkan fitur baru di Android dan iOS yaitu fitur Fingerprint Lock.

Jika mengaktifkan fitur tersebut maka untuk membuka pesan Whatsapp harus memakai sidik jari terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan fitur fingerprint, silahkan klik ikon 3 titik, buka menu pengaturan kemudian pilih account pilih lagi privacy dan Scroll ke bawah maka akan terdapat opsi fingerprint lock.

Didalam pengaturan tersebut anda juga dapat diberikan opsi seberapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone di diamkan (antara 1 menit sampai 30 menit).

5. Privasi Group

Fitur yang satu ini memungkinkan anda bisa mendapatkan kendali saat akan gabung ke dalam suatu obrolan grup. Dengan fitur tersebut anda bisa memilih untuk tidak bergabung ke grup atau ingin bergabung jika diundang oleh seseorang yang tidak anda kenal.

Untuk mengaktifkan fitur privasi grup silahkan klik ikon 3 titik, kemudian buka menu pengaturan lalu pilih pada account lanjutkan dengan memilih privacy dan langkah terakhir silahkan anda pilih opsi group. Sampai disini silahkan anda tentukan pengaturan siapa yang dapat mengundang anda ke dalam suatu grup apakah semua orang, hanya orang-orang yang ada di dalam kontak saja atau hanya orang - orang tertentu saja.

Selain 5 fitur canggih yang sudah saya sebutkan di atas masih terdapat fitur - fitur canggih lainnya seperti fitur matikan notifikasi untuk nomor yang di mute dan fitur audio picker (kirim 30 file audio sekaligus).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar