Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Tips Merawat Hardisk Komputer/Laptop Supaya Awet

Selain SSD, hardisk adalah tempat penyimpanan data yang mana merupakan salah satu bagian penting dari sebuah komputer/laptop, karena tanpa adanya hardisk tentu saja komputer/laptop anda tidak akan dapat bekerja. Memang saat ini penggunaan harddisk sedikit tergantikan oleh SSD, namun baik itu hardisk atau SSD tetap saja memerlukan perawatan supaya dapat bekerja secara maksimal selain itu juga supaya tidak cepat rusak.

Sebelum mengenal lebih jauh ada baiknya anda mengetahui tentang macam-macam harddisk. Hardisk sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu hardisk ATA dan hardisk SATA. Perbedaan dari keduanya yaitu terletak pada Kabel penghubung antara hardisk ke mainboard dan persamaannya adalah sama-sama menggunakan piringan cakram. Berbeda dengan SSD yang mana komponen tersebut sudah tidak menggunakan piringan cakram lagi sehingga memiliki kelebihan yaitu ringan, tidak mudah rusak, dan memiliki kecepatan transfer data yang maksimal (kencang).

Ada beberapa opsi dari kapasitas penyimpanan hardisk mulai dari yang terkecil sampai dengan yang paling besar yaitu mulai dari 250 GB, 500 GB sampai dengan 1000 GB/1 TB yang tentu saja memiliki rentang harga yang berbeda-beda pula (lebih besar akan lebih mahal).

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda ikuti supaya hardisk anda dapat bekerja secara maksimal dan bisa juga supaya tidak cepat rusak. Karena kalau sudah rusak seperti yang sudah saya bilang tadi yaitu harganya masih terbilang mahal. Oleh sebab itu sebaiknya lakukanlah perawatan hardisk demi memperpanjang usia pakainya.

Berikut ini adalah 2 (dua) cara yang dapat anda praktekan hanya dengan memanfaatkan aplikasi bawaan windows diantaranya yaitu :

1. Disk Celanup

Kenapa saya merekomendasikan untuk melakukan disk cleanup? Hal tersebut berguna untuk menghapus cache (sampah) atau folder yang dapat memakan banyak ruang penyimpanan seperti yang terdapat pada Recycle Bin, downloads, temporary files, delivery optimization files, dan lain - lain.

Cara disk cleanup komputer/laptop

  1. Tekan Windows + Q, kemudian tuliskan perintah Disk Cleanup;
  2. Pilih Drive (C:), lalu tekan OK;
  3. Beri tanda centang pada semua file yang terdapat pada semua jendela disk cleanup for (C:), kemudian tekan OK;
  4. Perhatikan langkah - langkahnya pada gambar berikut, mulai dari urutan 1 sampai dengan 3 :

Silahkan anda ikuti urutannya seperti yang tertera pada gambar diatas. Selain itu anda juga dapat menghapus sistem back up dengan cara yang hampir sama dengan cara diatas, namun setelah point ke-4 (lihat gambar diatas) silahkan anda pilih Clean up system files.

Tunggu sampai jendela disk cleanup for (C:) muncul, kemudian pilih menu More option. Pada system restore and shadow copies, silahkan anda tekan tombol Clean up....


Kurang lebih seperti itulah langkah - langkah yang dapat anda praktekan ketika ingin melakukan dick clean up komputer/laptop anda.

2. Defragment and Optimize Drive

Setelah anda melakukan Disk Clean Up, pastikan juga secara rutin untuk melakukan defragment supaya file-file nya menjadi Rapih. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Tekan tombol Windows + Q secara bersamaan;
  2. Pada kolom pencaharian masukkan kata defragment, kemudian pilih Defragment and Optimize Drive;
  3. Silahkan pilih salah satu partisi hardisk yang akan anda defrag (local disk C:), kemudian tekan tombol optimize;
  4. Lakukan cara yang sama untuk tiap-tiap local disk yang lainnya.

Selain menggunakan aplikasi bawaan anda juga dapat mencoba dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Cici cleaner Yang bisa anda peroleh secara gratis melalui website resminya.

Dengan menggunakan aplikasi CCleaner, anda juga dapat melakukan pembersihan pada file-file regedit yang tidak diperlukan tanpa takut komputer/laptop anda menjadi error.

Demikian yang dapat saya informasikan mengenai tips merawat hardisk komputer/laptop agar menjadi awet dan dapat bekerja secara maksimal.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar