Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

2 Cara Reset Printer Epson L110/L210/L300/L350/L355 Tanpa Mengeluarkan Modal

Dipertengahan bulan September ini kembali lagi saya akan berbagi trik singkat mengenai cara mereset printer epson tanpa harus mengeluarkan biaya (uang). Maksud tanpa mengeluarkan biaya ini yaitu anda tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk memperbaiki printer yang tidak dapat mencetak kertas yang disebabkan karena printer meminta reset.

Dari mana anda bisa tahu bahwa printer yang anda gunakan perlu untuk direset dan apa itu reset printer? Secara sederhanya reset adalah kembali ke pengaturan awal. Untuk mengetahui bahwa printer menandakan perlu untuk direset biasanya ditandai dengan berkedipnya lampu indikator secara terus menerus, padahal tidak ada kertas yang macet maupun tinta yang habis.

Selain itu, untuk mengetahui bahwa printer sudah waktunya untuk direset dapat anda lihat dari banyaknya jumlah kertas dalam 1 (satu) rim yang sudah tercetak oleh printer epson l210. Perlu anda ketahui bahwa rata - rata batas jumlah cetak printer biasanya hanya sebanyak 2.000 (dua ribu) lembar kertas. Jika diasumsikan dalam 1 (satu) rim kertas terdapat 500 (lima ratus) lembar, maka apabila anda telah menghabiskan sebanyak 4 (empat) rim kertas, itu berarti anda harus segera mereset printer yang anda pakai supaya lampu indikator peringatan tidak berkedip dan printer dapat beroperasi kembali dengan normal.

Sebelumnya saya juga sudah pernah membagikan tips reset printer epson l120 dan pada printer Epson L210 pun sebetulnya caranya juga sama saja yaitu dengan menggunakan sebuah tools resetter.

Cara Reset Printer Epson L210

Sebetulnya ada 2 (dua) cara untuk reset printer epson yaitu dengan cara manual manual dan dengan menggunakan software resetter. Namun saya sendiri lebih menyarankan untuk reset printer dengan menggunakan software resetter, alasannya karena jarang saya lakukan. Bagi saya, mereset printer secara manual malah lebih rumit alur prosesnya.

Berikut ini merupakan bahan dan cara reset printer epson l210 dengan menggunakan software resetter :

  1. Hidupkan printer dan sambungkan kabel USB printer ke komputer/laptop;
  2. Instal Resetter Epson L210 dengan cara klik kanan Run as administrator tepa pada ikon ResetterApp. Resetter tersebut juga bisa digunakan untuk mereset printer epson dengan type L110/L210/L300/L350/L355;
  3. Setelah resetter terbuka, pilih tombol Select. Pada Model Name, silahkan anda pilih L210 dan untuk Port-nya biarkan saja tetap di Auto Selection, selanjutnya tekan tombol OK;
  4. Pilih Particular adjustment mode dilanjutkan dengan memilih opsi Waste ink pad counter, kemudian tekan tombol OK;
  5. Perhatikan alurnya seperti pada gambar berikut.

  6. Beri tanda ceklist pada Main pad counter dilanjutkan dengan menekan tombol Check. Beri tanda ceklist sekali lagi pada Main pad counter, lalu tekan tombol Initialization dan akhir dengan menekan tombol Finish.
  7. Perhatikan kembali gambar berikut.

Setelah proses reset tersebut selesai, maka pada layar komputer/laptop anda akan muncul jendela notifikasi Please turn on/turn off your komputer. Jika sudah seperti itu, silahkan matikan printer anda dan kemudian hidupkan kembali printer.

Jika anda mengikuti semua tahapannya tanpa ada kesalahan, maka lampu indiktor printer yang berkedip - kedip akan hilang dan printer siap untuk dioperasikan kembali.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar