Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Cleaning Printer Canon All Series Bagi Pemula

Sejatinya setiap jenis printer dengan jenis apa pun pastinya membutuhkan suatu perawatan supaya dapat menghasilkan kualitas yang maksimal alis bagus. Apakah anda sudah tahu bahwa untuk merawat printer canon sangatlah mudah dan praktis, cukup hanya dengan memanfaatkan tools bawaan yang sudah ada pada driver printer canon itu sendiri.

Cleaning yang saya maksudkan disini ialah perawatan printer dengan cara membersihkan head cartridge atau kepala cetak dari debu atau kotoran yang menempel pada permukaannya. Tentu saja dampak yang akan terjadi apabila kepala cetak printer tersumbat atau kotor dapat mengakibatkan hasil cetakan yang tidak bagus, biasanya hasil cetakan akan bergaris atau putus - putus.

BACA JUGA :

  1. Cara reset printer canon MP287
  2. Solusi printer Canon IP2770 macet
  3. Cara isi tinta printer Canon agar awet
  4. Lampu indikator Canon IP2770 berkedip - kedip
  5. Mengatasi error kode B500 pada printer Canon G2000

Perlu diketahui juga bahwa cara untuk membersihkan kepala cetak pada printer canon tidak harus dilakukan setiap hari atau seminggu sekali, cukup melakukan pembersihan seperlunya saja. Jika dirasa kualitas hasil cetakan sudah mulai menurun, lakukan pembersihan dengan memilih menu Maintenance yang didalam menu tersebut terdapat opsi Cleaning dan Deep Cleaning. Untuk lebih jelasnya mari simak langkah - langkahnya seperti berikut.

  1. Sebagai contoh saya akan mempraktekan cara membersihkan kepala cetak printer Canon IP2770 di windows 10. Untuk memulainya, silahkan anda ketikan kata kunci Control Panel pada kolom pencarian windows 10.
  2. Klik tepat pada bagian Hardware and Sound, kemudian klik tepat pada bagian Devices anda Printers dan pilih nama printer Canon IP2770 Series. Klik kanan tepat pada printer Canon IP2770 Series, kemudian pilih Printer properties.
  3. Setelah anda mengklik opsi Printer properties, maka akan muncul sebuah jendela baru. Silahkan anda pilih menu Maintenance. Untuk pertama kalinya silahkan anda pilih Cleaning, maka akan muncul lagi jendela Print Head Cleaning. Pada Ink Group, silahkan anda pilih All Colour BK, C, M, Y dan diakhiri dengan menekan tombol Execute
  4. Tunggu proses cleaning sampai dengan selesai sampai muncul jendela Nozzle check, lalu tekan tombol Print Check Pettern untuk mencetak kertas. Pada tahap ini kembali muncul jendela Pattern Check, perhatikan hasil cetakan dengan yang muncul pada layar monitor, jika dirasa hasil cetakan masih kurang bagus sebaiknya lakukan kembali proses cleaning sekali lagi.

Apabila dalam beberapa kali melakukan cleaning dan hasilnya masih kurang bagus, cobalah untuk memilih opsi Deep Cleaning. Namun jika semua percobaan tersebut masih tidak membuahkan hasil, sudah dipastikan cartridge perlu diganti dengan yang baru.

Sebagai percobaan lainnya sebelum anda memutuskan untuk mengganti cartridge lama dengan yang baru sebaiknya coba untuk merendam cartridge yang bermasalah tersebut dengan air panas selama kurang lebih 5 menit kemudian dinginkan kembali. Setelah dirasa dingin, lap secara perlahan sampai kering kepala cetak dan lempengan tembaganya. Cara ini sering saya lakukan dan berhasil untuk sementara waktu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar