Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Lebih Mudah, Jadikan Menu Swipe Archive Menjadi Delete di Aplikasi Gmail

Secara default, menu swipe pada aplikasi gmail merupakan menu perintah hanya untuk mengarsipkan pesan masuk. Namun tahukah anda bahwa anda dapat mengganti menu default tersebut menjadi menu delete, mark as read/unread, move to, snooze dan menonaktifkan sesuai dengan keinginan anda.

Sebelum saya lanjutkan, mungkin diantara anda ada yang kurang begitu familiar dengan sebutan swipe. Maksud dari swipe artinya opsi gulir atau geser ke kanan maupun kekiri. Saya sendiri lebih suka mengganti menu swipe yang awalnya perintah untuk mengarsipkan, kini saya ganti menjadi perintah delete (hapus) karena bagi saya merupakan opsi yang paling mudah ketika ingin menghapus pesan tanpa harus men-tap yang mana memerlukan waktu cukup lama dibandingkan dengan perintah swipe.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba fitur swipe ini caranya sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya mari simak langkah - langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi gmail anda;
  2. Tap pada garis tiga yang terdapat dipojok kiri bagian atas untuk menemukan menu Settings;
  3. Tap menu setting tersebut untuk kemudian pilih pada General Settings;
  4. Cari dan temukan opsi Swipe actions. Jika sudah ketemu, sekarang silahkan anda ganti pilihan yang awalnya dari Archive menjadi Delete atau pilihan lainnya sesuai dengan keinginan anda.
  5. Perhatikan gambar berikut :

Dengan begitu, jika anda ingin menghapus pesan yang tidak penting, cukup hanya dengan menggesernya kekiri atau kekanan. Maka pesan tersebut akan terhapus tanpa harus memindahkan kekotak arsip (archive).

Cara diatas juga bisa anda terapkan pada aplikasi outlook jika alamat email anda buka dari gmail. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar