Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Solusi Epson L360 Tidak Bisa Ngeprint (Lampu Berkedip)

Printer Epson L360 merupakan salah satu jenis printer yang menurut saya sangat awet dipakai untuk jangka panjang. Saya beralasan karena printer jenis tersebut memiliki ketahanan cartridge yang handal (tidak cepat rusak). Sama halnya seperti printer epson L120 yang saya miliki yang memiliki harga sedikit lebih murah dibanding epson L360.

Namun perlu anda ketahui juga bahwa yang namanya peralatan elektronik pastinya memerlukan perawatan (service) baik itu perawatan ringan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah atau perawatan berat yang biasanya memerlukan penanganan secara khusus (ke service center/tukang service). Penyebab printer tidak bisa ngeprint atau mencetak kertas sebetulnya banyak penyebabnya, namun yang paling umum yang sering saya temui dilapangan biasanya disebabkan karena over limit batas cetak printer yang ditandai dengan lampu berkedip.

Biasanya printer jenis apapun memiliki batasan cetak kurang lebih sejumlah 2.000 lembar sampai dengan lampu indikator mulai berkedip - kedip, setelahnya perlu dilakukan reset. Bagaimana cara mereset printer? mereset printer bisa dilakukan dengan cara manual dan bisa juga dilakukan dengan bantuan sebuah tools (software). Saya sendiri sering melakukan reset printer dengan menggunakan tools yang bernama EPSON Adjustment Program.

Untuk mendapatkan aplikasinya, anda dapat menemukannya digoogle dengan mudah. Disini saya tidak membagikannya karena software tersebut bukan buatan saya dan saya tidak memiliki izin untuk membagikannya kembali.

Cara Reset Printer EPSON L130 L220 L310 L360 L365 (Resetter)

Setelah anda mendapatkan aplikasinya di google, selanjutnya buka aplikasi tersebut dengan cara :

  1. Klik kanan kemudian pilih Run as administrator, kemudian pilih Select agar muncul jendela baru;
  2. Pada kolom Model Name, silahkan anda pilih model printernya yang bernama L360. Untuk kolom yang lainnya dibiarkan saja tidak usah diotak atik lagi dan langsung saja tekan tombol OK;
  3. Sekarang pilih Particular adjustment mode, lalu pilih lagi pada Waste ink pad counter dan lanjutkan dengan menekan tombol OK maka akan muncul kembali sebuah jendela baru;
  4. Pada jendela baru ini "waste ink pad counter", silahkan beri tanda ceklist pada Main pad counter, lalu tekan tombol Initialize. Tunggu proses "Initialize" berlangsung, selanjutnya beri tanda ceklist kembali pada Main pad counter dan tekan tombol Check sampai dengan ada notifikasi shut down printer. Silahkan matikan printer dan hidupkan kembali.

    Perhatikan gambar berikut :

  5. Terakhir tekan tombol Finish dan keluarkan aplikasi resetter-nya.

Silahkan ikuti langkah - langkahnya dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewat supaya proses reset counter-nya berhasil. Apabila berhasil, maka lampu notifikasi yang berkedip - kedip akan hilang yang menandakan printer siap untuk mencetak kembali.

Setelah anda mencoba cara diatas, namun kemudian tidak berhasil, bisa jadi penyebab lainnya karena paper jam (kertas macet) atau tinta telah habis.

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis komentar pada kolom yang telah saya sediakan dibawah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar