Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Faktor Penyebab Mouse Laptop Error atau Tidak Berfungsi dengan Baik

Mouse merupakan salah satu komponen laptop yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan, Namun tahukah anda bahwa didalam mouse laptop terdapat fitur - fitur yang sangat berguna untuk digunakan seperti scroll naik turun hanya dengan menempelkan 2 (dua) jari pada track pad.

Terkadang jika anda baru pertama kali menginstal laptop, sering kali lupa untuk menginstal beberapa driver penting yang wajib terinstal supaya semua komponen terbaca dengan sempurna. Seperti halnya yang akan saya bahas disini yakni penyebab mouse laptop error atau tidak terbaca dengan baik.

Penyebab utama mouse tidak berfungsi dengan baik biasanya terjadi karena anda belum atau lupa menginstal driver dari bawaan mouse itu sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan pengecekan terhadap beberapa driver lainnya yang mungkin belum anda instal.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca oleh Laptop

Sebagai contoh, untuk memastikan semua driver telah terpasang sistem operasi windows 10, anda dapat melihatnya pada menu Device Manager dengan cara :

  1. Ketikkan perintah Device Manager pada kolom pencarian, kemudian pilih "Device Manager" tersebut;
  2. Pehatikan gambar berikut :

  3. Selanjutnya periksa pada device manager tersebut, usahakan semua driver telah terpasang, termasuk driver mouse pad/track pad. Biasanya jika ada driver yang belum terpasang akan ditandai dengan lambang tanda seru (!).

Apabila didalam device manager tersebut terdapat lambang tanda seru ! atau tanda tanya ?, sebaiknya instal terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada driver yang belum terintall tersebut untuk kemudian memilih opsi Update Driver, lalu pilih Search Auotomatically for updated driver software. Pastikan koneksi internet anda sudah terhubung dengan stabil supaya proses installasinya dapat berjalan dengan cepat.

Penyebab diatas merupakan kondisi dimana anda baru pertama kali menginstall program windows. Penyebab lainnya bisa jadi karena hardwarenya yang memang bermasalah dari awal.

Setelah driver terinstall semua, namun mouse laptop anda masih bermasalah juga sebaiknya lakukan penanganan secara serius dengan membawanya ke service center tempat dimana anda membeli laptop pertama kali.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar