Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Setting DNS Publik dari Namecheap (Fitur SafeServe)

Sudah pada tahu kan apa itu namecheap? namecheap merupakan sebuah perusahaan penyedia domain dan webhosting yang telah terakreditasi oleh ICANN yang kantornya sendiri berpusat di Los Angeles, California (Wikipedia). Baru - baru ini perusahaan tersebut telah memberikan free public DNS secara gratis yang dapat digunakan oleh semua orang.

Manfaat yang akan anda peroleh dengan menggunakan safeServe atau free public DNS dari Namecheap ini salah satunya yaitu untuk melindungi koneksi internet anda menjadi lebih aman karena sudah didukung dengan jaringan TLS (Transport Layer Security).

Secara sederhananya DNS merupakan sebuah sistem yang menerjemahkan domain yang anda inputkan kesalah satu browser untuk menuju ke alamt IP yang tepat supaya dapat mengakses web - web yang anda kunjungi menjadi lebih aman. Perlu anda ketahui juga bahwa web - web yang anda kunjungi bisa saja terindikasi phising yang tentunya itu tidak bagus untuk dikunjungi.

Yang dimaksud dengan phising disini ialah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan penipuan dengan maksud mengelabui pengunjung untuk mencuri sesuatu yang mereka perlukan atau bisa juga dikatakan untuk mencuri informasi penting anda dengan cara mengambil alih akun anda untuk tujuan dan maksud tertentu.

Cara Setting Free Public DNS Namecheap (Fitur SafeServe)

Oleh karenanya, untuk menghindari hal - hal yang tidak anda inginkan, sebaiknya selalu berhati - hati ketika menjelajah internet. Pastikan komputer anda selalu terlindungi oleh anti virus yang bagus.

Disamping menggunakan anti virus yang bagus, anda juga dapat melakukan pengaturan DNS dengan cara memodifikasinya seperti yang akan saya bagikan disini yakni DNS gartisan dari Namecheap. Untuk langkah - langkah pengaturannya, silahkan anda simak baik - baik seperti yang berikut ini:

Contoh yang saya praktekan disini dengan menggunakan windwos 10, untuk OS diwabahnya kemungkinan hampir mirip - mirip.

  1. Setelah anda terhubung dengan internet, selanjutnya klik kanan pada ikon internet acces yang terletak dipojok kanan bawah;
  2. Pilih Open Network & Internet Settings, kemudian pilih Change adapter Options. Disini saya menggunakan wifi, klik kanan pada wifi tersebut dan pilih pada Properties;
  3. Klik pada Internet Protocol Version (TCP/IP4) dan tekan tombol Properties;
  4. Pada internet protocol tersebut, pilih Use the following DNS Server Addresses dan tentukan DNS Servernya seperti gambar dibawah ini:
  5. Tuliskan Preferred DNS Server dengan angka 198.54.117.10 dan alternate DNS server dengan angka 198.54.117.11;
  6. Terakhir tekan tombol OK.

Setelah pengaturan free public DNS Namecheap selesai dibuat, langkah selanjutnya hapus cache DNS sebelumnya dengan cara, buka jendela CMD atau jendela "Command Prompt". setelah jendela tersebut terbuka, ketik dengan perintah ipconfig /flushdns dan tekan tombol Enter.

Perhatikan gambar berikut ini:

Jika langkah - langkahnya telah diikuti dengan benar, coba lakukan pengecekan dengan membuka website www.tjapkardus.com atau apa saja terserah anda. Jika koneksinya lancar berarti anda sudah mengikuti cara diatas dengan baik. Apabila mengalami kegagalan koneksi, kemungkinan anda salah memasukan DNS servernya.

Anda juga dapat melihat langkah - langkahnya dengan jelas melalui video berikut yang telah diupload oleh mas Adhy Suryadi melalui akun youtube beliau:


Demikian tutorial yang dapat saya bagikan tentang cara setting public DNS gratis dari Namecheap. Semoga tutorialnya dapat anda pahami dengan jelas karena disertakan juga dalam bentuk video. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar