Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Screenshot Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Screenshot atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan tangkapan layar merupakan alat yang bisa dipakai untuk menjelaskan sesuatu dalam bentuk gambar. Pada saat ini saya sendiri sering menggunakan screenshot untuk kebutuhan blog dalm membuat artikel, terutama konten tutorial yang bisanya membutuhkan banyak gambar sebagai penjelas dari tulisan.

Teruntuk para pemula pastinya akan sedikit mengalami kebingungan apabila ingin menangkap layar laptop, kemudian mereka melakukan googling internet dengan kata kunci "cara screenshot laptop" yang akhirnya akan menemukan banyak sekali pilihan aplikasi screenshot dari pihak ketiga. Memang tidak ada salahnya mengunduh aplikasi screenshot pihak ketiga ini, namun bagi yang memiliki kapasitas ram-nya kecil akan berpengaruh juga terhadap kinerja laptop. Oleh karenanya, disini saya mencoba berbagi tips cara screenshot tanpa menggunakan aplikasi.

Maksud dari tanpa menggunakan aplikasi ini yaitu anda tidak perlu mengintall aplikasi dari pihak ketiga karena di-OS windows sendiri sudah tersedia opsi untuk melakukan screenshot, yang anda perlukan hany dengan memanfaatkan fitur Paint dan satu tombol fisik keyboard yakni tombol Prt Sc SysRq (biasanya terletak diantara tombol Pause Break dan tombol Insert Num LK).

Untuk memudahkan pemahaman yang saya maksudkan, mari simak panduannya dibawah ini:

  1. Pilih salah satu pada layar/gambar yang ingin anda screenshot, kemudian tekan tombol Prt Sc SysRq;
  2. Buka aplikasi Paint. Setelah aplikasi terbuka, klik kanan dan pilih opsi Paste;
  3. Perhatikan gambar berikut :

  4. Jika tombol Paste tidak bisa diklik, kemungkinan anda salah menekan tombol screenshotnya. Sebaiknya ulangi lagi untuk menekan tombol tersebut. Lokasi tombol terletak diantara tombol "Pause Break" dan tombol "Insert Num LK" untuk jenis laptop asus.

Selain cara diatas, jika anda menggunakan windows 10, anda dapat memanfaatkan fitur Snipping Tools. Fitur tersebut terletak didalam folder Windows Accessories. Untuk menemukan fitur tersebut, kurang lebih langkah - langkahnya seperti dibawah ini :

  1. Klik Start pada menu Windows 10 yang berada disebelah kiri bawah (pojok kiri bawah);
  2. Scroll Kebawah, buka foleder Windows Accessories dan pilih tools Snipping Tools;
  3. Setelah "Snipping Tools" terbuka, pilih menu New dan pada bagian Mode, silahkan anda sesuaikan ukuran layarnya. Contohnya mode Rectangular Snip;
  4. Klik dan tahan mouse bagian kanan sambil diarahkan kedaerah yang ingin anda screenshot, kemudian lepaskan mouse tersebut. Secara otomatis daerah yang anda pilih tadi akan ter-screenshot.

Pada cara kedua ini saya tidak sertakan gambar karena akan memberatkan loading blog. Namun apabila anda membutuhkan panduan yang disertai dengan gambar, anda bisa memberitahukan saya melalui kolom komentar apabila tutorial kali ini dirasa cukup menyulitkan.

Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar