Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Penyebab Port USB Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Salah satu komponen yang menurutnya saya penting yang ada pada komputer/laptop adalah adanya post usb. Bagaimana jika post usb tiba - tiba mengalami kendala seperti tidak terbaca/terdeteksi oleh perangkat komputer?

Untuk mengetahui penyebab dari tidak terbacanya post usb ini, biasanya disebabkan karena anda belum menginstal driver ketika pertama kali melakukan install ulang, dan bisa juga driver yang anda pakai mengalami crash/rusak yang memerlukan pembaharuan (update driver secara manual).

Selain dari permaslahan driver komputer, permasalahan lainnya juga bisa disebabkan karena salah dalam pengaturan bios, pengaturan pada sistem operasi (windows) dan yang lebih parahnya bahwa port usb tersebut memang benar - benar telah mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki kembali.

Oh iya ada satu lagi penyebabnya bisa jadi karena perangkat yang anda sambungkan ke post usb tersebut yang menjadi sumber masalahnya. Oleh karena situ, sebelum anda memvonis bahwa sumber masalahnya dari post usb, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu seperti mencobanya dengan cara menyambungkan mouse, keyboard, maupun usb flashdisk. Jika semuanya tidak terbaca, sudah dapat dipastikan bahwa port-nya yang bermasalah.

Port USB Komputer tidak Terbaca

Dibawah ini merupakan langkah - langkah yang dapat anda tempuh untuk mengatasi port USB yang tidak terbaca:

Cara pertama cobalah untuk melakukan restart komputer terlebih dahulu terkadang cara tersebut bisa menjadi solusinya. Namun apabila masih tidak teratasi juga, restart kembali komputer untuk kemudian masuk ke BIOS. Setalah anda berhasil masuk ke BIOS, pilih opsi Power Management dan pilih Enable pada opsi USB port.


BACA JUGA :
Cara masuk BIOS semua merk komputer/laptop

Cara kedua bisa dengan melakukan pemeriksaan melalui Device Manager. Setelah anda masuk device manager, selanjutnya cari bagian Universal Serial Bus Controller atau lakukan Scan for Hardware Change untuk memastikan bahwa device manager tidak bermasalah atau dalam keadaan normal (jika anda menemukan lambang tanda ! atau tanda ? dibagian Universal Serial Bus Controller, bisa jadi itu penyebabnya).

Pastikan didalam device manager tidak ada lambang - lambang yang aneh, jika anda menemukan lambang - lambang seperti yang saya sebutkan diatas sebaiknya lakukan update driver dengan cara klik kanan tepat pada bagian yang memiliki lambang ! atau ?, kemudian pilih Update driver.

Apabila dari kedua cara diatas tidak membuahkan hasil, cobalah untuk menggunakan software DRPSU (DriverPack Solution), install dan jalankan software tersebut. Secara otomatis software akan mendeteksi driver yang tidak terbaca, klik install untuk menginstall driver secara otomatis.

Jika kesemua cara diatas masih tidak mengahasilkan, kemungkinan post usb komputer anda mengalami kerusakan dari segi hardware, jika demikian solusinya harus mengganti mainboard atau jika post yang rusaknya hanya satu buah sebaiknya abaikan saja mengingat harga mainboard komputer/laptop masih tergolong mahal.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar