Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Benar

Yang namanya barang elektorik pastinya memerlukan perawatan secara rutin supaya barang tersebut dapat bertahan lama alias tidak mudah rusak. Namun pada artikel ini saya bukan membahas dari segi hardware maupun software, akan tetapi topik pada pembahasan kali ini yaitu mengenai kebersihan perangkat laptop, tepatnya pada bagian layar.

Layar laptop merupakan salah satu komponen yang menurut saya perlu diperhatikan segi kebersihannya dari banyaknya kotoran - kotoran seperti debu halus yang menempel pada layar yang dapat mengganggu kenyamanan mata. Jika kotoran tersebut dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan kesulitan ketika akan mempersihkannya karena debu tersebut dapat menempel dengan rekat.

Sekilas memang terlihat mudah untuk membersihkan komponen yang satu ini, akan tetapi jika anda tidak hati - hati dalam membersihkannya bisa - bisa layar laptop kesayangan anda dapat menimbulkan baret-baret halus.

Merawat Layar Laptop

Dibawah ini merupakan tips merawat layar laptop kesayangan dari debu yang menempel dengan bandel yang dapat anda praktekan dengan mudah:

Sebelum anda memulai membersihkan layar, untuk menghindari terjadinya korslet sebaiknya matikan dahulu laptop anda (jika baterainya bisa dicabut sebaiknya cabut saja). Dengan mematikan laptop terlebih dahulu tentunya dapat memudahkan anda untuk melihat debu yang menempel secara jelas.

Gunakan lap kering dengan permukaan yang halus, saya sendiri biasanya menggunakan lap yang biasa untuk mencuci mobil atau pilih yang dapat anda beli di alfamart/indomart terdekat.

Usapkan lap kering tersebut secara perlahan dan jangan sekali - kali mengusapkan lap ke layar dengan cara ditekan yang keras karena bisa menyebabkan layar laptop tergores (lebih parahnya dapat merusak sel - sel dari layar LCD).

Apabila setelah dibersihkan kotorannya tidak hilang juga, anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus dengan cara menyemprotkannya kebagian lap, kemudian usap kembali layar tersebut dengan lap yang telah disemprotkan cairan pembersih secara perlahan. Pastikan saat anda membersihkannya dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam.

Setelah layar dirasa sudah bersih, usahakan jangan langsung dipakai (dihidupkan), diamkan beberapa saat sampai kondisi layar benar - benar kering.

Tips yang telah saya jelaskan tersebut dapat juga diaplikasikan keperangkat smartphone, tablet atau televisi (LCD atau tabung).

Nah, itulah salah satu tips yang dapat saya bagikan dalam merawat kebersihan layar laptop. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar