Skip to main content

Solusi Jitu Mengatasi Kamera Error Tidak Bisa Dibuka

Selain permasalahan error pada kamera, banyak kasus yang terjadi pada pengguna hp yang memiliki sistem operasi android seperti softbrick, hardbrick, crash, hp cepat panas maupun beberapa aplikasi yang tidak dapat dibuka.

Permasalahan - permasalahan diatas terjadi karena beberapa faktor yang jadi penyebabnya. Kemungkinan yang pertama bisa jadi dari bug pada OS android itu sendiri karena tidak adanya pembaharuan, hardware/perangkat keras sudah lemah, dan bisa jadi karena pemakaian yang jorok.

Terlepas dari itu semua, yang namanya peralatan elektornik pastinya memiliki usia pemakaian dalam kurun waktu tertentu, apa lagi jika tidak adanya perawatan yang berdampak tingkat kerusakan yang lebih cepat.

Pada postingan saya tidak mengulas semua permasalahan seperti yang sudah saya sebutkan tadi, namun lebih fokus hanya pada satu permaslahan saja, yakni mengatasi kamera hp tiba - tiba error atau tidak bisa dibuka.

Penyebab kamera HP error

Pada kasus kamera hp tidak bisa dibuka setidaknya ada 2 (dua) kemungkinan penyebanya yang perlu anda periksa, diantaranya :

1. Aplikasi Kamera

Penyebab error pertama biasanya disebabkan karena anda belum pernah melakukan pembaharuan pada aplikasi kamera itu sendiri.

Untuk mengetahui apakah ada pembaharuan aplikasi atau tidaknya, anda dapat mengeceknya melalui google playstore dengan cara buka aplikasi "playstore", kemudian tap pada menu 3 garis diatas beranda. Pilih "APlikasi & game saya", sekarang anda cari apakah anda pembaharuan aplikasi kamera, jika ada sebaiknya lakukan pembaharuan segera.

2. System tidak Stabil

Kemungkinan yang kedua bisa jadi karena software atau sistem operasi pada hp anda masih terdapat bug pada file systemnya. Cobalah untuk melakukan pemeriksaan apakah ada pembaharuan system operasi dengan cara : temukan menu pengaturan hp, kemudian tap pada menu tersebut untuk mencari opsi pembaharuan system.

Apabila kedua sebab diatas sudah anda periksa namun tidak membuahkan hasil, cobalah nyalakan ulang (restart) hp anda. cara ini sering saya lakukan ketika menggunakan hp asus zenfone 2. Tidak menutup kemungkinan hp - hp lain pun bisa mencoba cara yang sala lakukan ini.

Penyebab lainnya kamera hp sering error bisa disebabkan juga oleh rooting dan yang lebih parahnya terletak pada komponen kamera yang kualitasnya sudah tidak bagus lagi. Jika sudah demikian, mau tidak mau anda harus melakukan penggantian part tersebut.



Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 JAP KARDUS