Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Tips Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Tahukah anda bahwa media penyimpanan eksternal yang disebut dengan nama Flashdisk sampai saat ini masih jadi pilihan yang cocok dalam hal simpan menyimpan data walau pun kini sudah ada penyimpanan cloud.

Jika anda sedang mencari cara penanganan atau solusi dari permasalahan yang telah saya sebutkan diatas, sebaiknya simak terus ulasan ini sampai dengan selesai ya!

Apabila flashdisk anda mengalami kerusakan, sebaiknya jangan langsung memvonis alat tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali. Flashdisk yang tidak dapat terbaca pada komputer/laptop kemungkinan masih dapat diperbaiki jika tingkat kerusakannya tidak terlalu parah. Namun kalau anda membeli flashdisk imitasi atau abal - abal ya sudah ikhlaskan saja karena flashdisk abal - abal memang cepat rusak.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda coba untuk memperbaiki flashdisk yang tidak dapat dibaca oleh komputer/laptop:

A. Cara Pertama:

yang dapat anda lakukan coba colok-kan kembali flashdisk kekomputer atau laptop anda, tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Tuliskan perintah compmgmt.msc, disini anda akan ditampilkan jendela "Computer Management". Pilih opsi Disk Management, apabila nama flashdisk anda terdeteksi pada tampilan disk management ini, sekarang klik tepat pada nama flashdisk tersebut kemudian pilih Format.

Setelah proses formatting selesai coba cabut flashdisk anda dan masukan colok-kan kembali ke komputer. Bila berhasil secara otomatis komputer akan membaca drive baru.

Untuk diperhatikan bahwa cara pertama akan menghapus semua isi file yang ada pada flashdisk, jika permasalahan anda terletak karena data - datanya yang tidak terbaca bukan karena flasdisknya yang tidak terbaca, maka cara tersebut jangan anda gunakan. Sebaiknya lakukan scan terlebih dahulu dengan antivirus karena kemungkinan besar flashdisk anda terkena virus hidden. Lebih jelasnya silahkan baca: Penyebab Data Pada Flashdisk Hilang

A. Cara Kedua:

Untuk cara yang kedua anda bisa menggunakan aplikasi HDD Low Level Format sebagai toolnya. Step by step dalam menggunakan aplikasi ini juga sangatlah mudah, namun jika anda masih bingung kurang lebih langkah - langkahnya seperti pada berikut ini:

  1. Instal aplikasi HDD Low Level Format yang sudah anda unduh tadi, kemudian buka aplikasi tersebut dengan cara klik kanan pilih run as adminisrator. Sebelumnya posisi flashdisk sudah dalam keadaan tersambung pada komputer/laptop.
  2. Pilih pada USB, selanjutnya tekan pada Continue dan tunggu prosesnya sampai dengan selesai.

Setelah proses repair dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format selesai, silahkan format kembali flashdisk anda untuk memastikan flashdisk benar - bener bersih.

Sekian dan selamat mencoba

PERHATIAN : Apabila 2 (dua) cara diatas tidak ada yang berhasil, kemungkinan besar flashdisk yang anda memiliki kerusakan yang sudah tidak dapat diselamatkan lagi. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar