Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Memanfaatkan Android Device Manager Ketika Kehilangan HP

Secara lengkap, fungsi layanan android device manager tidak hanya digunakan untuk mengetahui lokasi dari keberadaan hp yang hilang saja, akan tetapi bisa juga anda gunakan untuk mengunci otomatis secara jarak jauh, menghapus semua data yang ada pada memori internal (tidak berlaku untuk memori eksternal seperti SD Card), dan mampu membunyikan smartphone dengan volume tinggi walau dalam keadaan silent sekali pun.

Jika dibandingkan dengan layanan Find my iPhone milik apple memang masih kalah jauh karena pada android device manager tidak mampu melakukan beberapa hal seperti mengendalikan smartphone dari jarak jauh, mencari lokasi smartphone walau dalam keaadan mati (tidak menyala), mampu mengambil data yang hilang, dan mampu mencari keberadaan smartphone walau sudah direset oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun tidak selengkap seperti layanan Find my iPhone, setidaknya anda dapat mencoba layanan android device manager ketika anda kehilangan HP kesayangan anda dan jika anda memang beruntung bisa saja hp anda kembali lagi kepada anda.


BACA JUGA :


Cara mengetahui besaran biaya pajak yang harus dikeluarkan secara akurat

Kenapa saya sebut beruntung? karena pada perangkat yang menggunakan sistem operasi android, apabila smartphone tersebut sudah diflash ulang oleh orang yang menemukan hp anda, kemungkinan 99 % hp anda tidak akan bisa ditemukan. Oleh karena itu, apabila anda kehilangan HP sebaiknya sesegera mungkin melakukan penguncian secara otomatis yang terdapat pada layanan android device manager agar data - data penting anda tidak dilihat - lihat atau dicuri. Setelah itu baru deh gunakan fitur pencarian lokasi.

Cara menemukan HP yang hilang diandroid device manager

Berikut ini merupakan langkah - langkah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui titik lokasi dari keberadaan hp anda yang hilang. Cara ini akan efektif apabila hp yang hilang tadi masih dalam keadaan menyala dan terhubung dengan internet serta fitur GPS dalam keadaan ON. Namun apabila HP anda tidak memiliki paket data atau tidak terhubung keinternet dan fitur GPS dalam keadaan off, maka secara otomatis google akan langsung mengunci hp anda apabila si penemu mengaktifkan koneksi internet pada hp tersebut.

Ada 2 (dua) cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

  1. Melalui media Browser Web, atau
  2. Melalui aplikasi Google Find My Device.
  3. Pastikan anda login dengan menggunakan email yang sama yang ada pada hp anda yang hilang.

Mari perhatikan gambar berikut ini:

Gambar diatas menjelaskan bahwa nomor:

  1. Hp baru saja aktif;
  2. Perintah dering dengan volume yang tinggi walau perangkat dalam keadaan mode silent;
  3. Perintah penguncian perangkat;
  4. Perintah penghapusan data pada perangkat; dan
  5. Titik lokasi perangkat yang bisa anda lihat.

Jika kebetulan hp anda oleh si penemu sedang terhubung dengan internet dan GPS masih dalam keadaan "ON", sebaiknya jangan tekan perintah penghapusan data dulu, lebih baik pilih perintah penguncian perangkat dan kunjungi titik lokasi hp anda segera. Apabila lokasi tersebut sudah sangat dekat dengan anda, aktifkan perintah dering (bunyi dering).

Apabila masih tidak membuahkan hasil, maka jalan satu -satunya memilih perintah penghapusan data secara total untuk menghapus semua data yang ada pada perangkat tersebut agar tidak disalah gunakan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar