Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Dapat Mencetak

Kemungkinan dari beberapa kasus penyebab printer tidak bisa mencetak yaitu karena kesalahan dari si pemakainya sendiri yang belum begitu mengerti, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga karena faktor lainnya. Oleh karenanya saya akan coba mengupasnya disini. Apabila masih ada yang kurang atau belum saya tulis, anda bisa menuliskan kembali pada kolom komentar dibawah.

Sebelum anda menjalankan printer, ada baiknya membaca buku panduan terlebih dahulu yang sudah disediakan oleh produsen printer sebagai buku petunjuk/pedoman dalam mengoperasikan printer.

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Bisa Mencetak

Secara umum, cara mengatasi printer yang tidak dapat beroperasi tidak hanya kepada printer epson saja, tentunya semuanya bisa terjadi pada merk - merk lain seperti halnya pada merk canon, HP, dan lain - lain.


BACA JUGA :


Cara menggunakan satu printer untuk dipakai pada banyak komputer/laptop

Berikut merupakan beberapa kemungkinan dan solusi untuk mengatasi printer yang tidak dapat mencetak dokumen/foto :

1. Tidak ada aliran listrik pada printer

Kemungkinan pertama penyebab printer tidak dapat mencetak karena anda belum menghubungkan kabel printer ke-sumber listrik (arus listrik), oleh karenanya seberapa besar pun usaha anda ingin mencetak tetap saja tidak akan bisa anda lakukan.

Solusi: Cobalah lakukan pengecekan pada kabel daya untuk memastikan kabel tersebut dapat berfungsi dengan baik. Bila perlu, gunakan kabel lain yang sama dengan kabel pertama bila ada kabel cadangan.

2. Driver printer belum diinstal

Ini juga akan menjadi masalah yang serius bila anda ingin menggunakan printer namun anda sendiri belum melakukan instalasi driver sesuai dengan type printer.

Solusi: Instal driver printer terlebih dahulu sebelum anda dapat memulai mengoperasikan printer. Biasanya driver printer sudah ada pada dus dalam bentuk CD/DVD ketika anda membeli printer. Apabila tidak disertai dengan CD Driver, anda dapat mencari driver printer secara online yang sesuai dengan type printer tersebut.

3. Paper jam

Paper jam adalah kondisi ketika adanya kertas atau benda lain yang tersangkut pada bagian dalam tempat keluar masuknya kertas yang mengakibatkan printer berhenti bekerja yang disertai juga dengan lampu indikator menyala (Kedip - kedip).

Solusi : jika ada kertas yang nyangkut atau tertinggal, coba keluarkan kertas tersebut dengan hati – hati agar tidak merusak roll penarik kertas yang ada didalam bagian printer.

Itulah beberapa kesalahan yang menyebabkan printer tidak dapat mencetak atau berhenti bekerja. Selain yang telah saya sebutkan, kemungkinan lainnya bisa terjadi ketika anda akan mencetak dokumen, anda salah memilih printer yang seharusnya memilih printer yang sudah ready tetapi anda malah memilih printer yang lain (Asumsi memiliki lebih dari satu driver printer dengan jenis/merk yang berbeda).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar