Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Membersihkan Sampah Dilaptop yang Bikin Performa Lemot

Untuk membersihkan sampah dilaptop/komputer (clean cache), anda dapat melakukannya dengan 2 (dua) cara yakni melalui bantuan aplikasi pihak ketiga seperti pada aplikasi CCleaner atau menggunakan tools bawaan dari program windows karena pada dasarnya sistem operasi pada windows sendiri sudah menyediakan opsi pembersih sampah.


BACA JUGA :


Kumpulan Cara Masuk Bios Semua Merk Laptop

Namun bagi anda yang lebih suka menggunakan aplikasi/software pihak ketiga juga tidak apa - apa jika menurut anda itu dianggap lebih praktis.

Cara Membersihkan Sampah Dilaptop/Komputer yang Bikin Performa Jadi Lemot

Bagi anda yang ingin mencoba membersihkan file - file sampah pada laptop maupun komputer dengan menggunakan aplikasi/software bawaan dari program windows, mari simak ulasannya dibawah ini.

  1. Pertama cari tombol "Search" pada menu start (Jika pada window 10 berlambang kaca pembesar yang terletak disampih start), kemudian tuliskan perintah "Disk Cleanup" tanpa tanda petik. Ini berlaku untuk semua program windows baik window 7, window 8, maupun window 10.
  2. Setelah anda menuliskan perintah Disk Cleanup, maka akan muncul jendela baru yaitu "Disk Cleanup: Drive Selection". Sebagai contoh saya akan membersihkan file sampah pada lokal disk :(C) dan tekan tombol "OK" seperti pada gambar berikut:
  3. Setelah anda menekan tombol "OK", kembali anda akan diarahkan pada jendela baru untuk memilih beberapa file yang akan dihapus. Silahkan beri tanda centang pada "Thumbnail" dan "Temporary Internet Files" atau bale perlu centang semuanya.
  4. Tekan "OK" kemudian ikuti instruksi yang tersedia dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan lebih efisien dalam menghemar ruang penyimpanan dibanding harus menginstal aplikasi pihak ketiga yang hanya akan memenuhi ruang penyimpanan.

Apabila anda ingin menghapus file sampah langsung pada sumbernya bisa denga cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian tuliskan perintah "Temp" dan tekan tombol "Enter". Hapus semua file yang ada pada folder Temp tersebut.

Langkah terakhir yaitu kembali menekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian tuliskan perintah "prefetch" dan tekan tombol "Enter". Apabila ada peringatan, abaikan saja tekan tombol "Continue". Hapus semua file yang terdapat pada folder tersebut. Jika masih ada file yang tidak terhapus, abaikan saja.

Sekarang, silahkan restart laptop/komputer anda dan rasakan perubahannya.

CATATAN: Tutorial ini sudah diujikan, apabila setelah direstart terdapat masalah yang serius, kemungkinan besar software mengalami corrupt yang diakibatkan banyaknya malware maupun virus.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar