Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Permasalahan Umum yang Sering Terjadi Pada Printer

Pada umumnya printer yang kita gunakan tidak selalu dalam keadaan baik, hal itu disebabkan karena efek dari pemakaian itu sendiri atau bisa juga karena printer jarang dipakai. Contoh permasalahan printer yang paling sering kita temui adalah hasil cetak atau kualitas yang dihasilkan sudah tidak bagus lagi (pudar, bergaris, warna berubah dan lain - lain), printer macet (paper jam), printer tiba - tiba mati dan cartridge tidak terbaca atau error.

Jika sudah mengalami ciri - ciri seperti yang admin sebutkan diatas, sebaiknya lakukanlah beberapa diagnosa awal sebelum megalami kerusakan yang lebih serius.

Berikut beberapa langkah awal untuk melakukan pemeriksaan pada permasalahan umum yang sering terjadi pada printer:

  1. Hasil cetakan tidak normal (bergaris)
  2. Pada saat mencetak/print dokumen ternyata hasilnya memiliki garis putus - putus atau pudar bisa disebabkan karena adanya gelembung udara didalam tangki cartridge, print head tergores atau tersumbat karena adanya tinta yang kering dan bisa diakibatkan karena salah dalam settingan printer.

    Diagnosa awal sebaikanya bersihkan print head dengan cara clean head pada settingan printer sebanyak 2 atau 3 kali atau lebih untuk mengeluarkan gelembung udara didalam tangki/tabung cartridge. Apabila setelah melakukan head clean garis - garis tersebut belum teratasi, kemungkinan cartridge sudah aus/baret-baret maka mau tidak mau harus megganti cartridge dengan yang baru.

  3. Hasil cetakan tidak keluar sama sekali

  4. Jika hasil cetakan tidak keluar sama sekali sebaiknya coba keluarkan cartridge dari tempatnya, kemudian rendam cartridge tersebut dengan air mendidih (diamkan selama kurang lebih 5 menit). Tunggu sampai dingin dan pasang kembali ke posisi semula. Penyebab terjadinya hasil cetakan tidak keluar karena tinta didalam cartride sudah kering karena jarang dipakai atau karena disimpan pada suhu yang tidak disarankan (baca manual book yang sesuai dengan type dan merk printer).

  5. Printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang
  6. Printer tidak dapat mengenali cartridge yang baru dipasang saja dipasang kemungkinan disebabkan karena posisi cartridge tidak terpasang dengan benar, chip kotor atau tersentuh karena tumpahan tinta.

    Solusi untuk memperbaiki cartridge yang terbaca ini sebaiknya bersihkan chip dengan kain kering dan halus (tissue) secara hati - hati karena chip tersebut mudah rusak.

  7. Muncul peringatan
  8. Pada saat membeli cartridge, usahakan beli cartridge yang benar - benar original, karena jika cartrdige tersebut aspal (asli tapi palsu) atau compatible biasanya akan muncul peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli. Solusinya abaikan saja printer masih bisa bekerja dengan baik.

Demikian informasi yang bisa admin bagikan tentang masalah - masalah umum yang terjadi pada printer serta solusi memperbaikinya. Sebetulnya jika tidak mau pusing, maka cara yang paling ampuh adalah mengganti cartridge dengan yang baru. Namun jika masalah - masalah tersebut bisa teratasi dengan baik, untuk apa harus menggantinya dengan cartridge yang baru jika yang lama masih bisa diperbaiki?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar