Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Tips Sederhana Mengatasi Komputer atau Laptop Hang


Tips Memperbaiki Laptop Hang atau blank Saat dihidupkan. Apakah kamu pernah mengalami tiba – tiba laptop blank atau hang pada saat dihidupkan padahal kita sedang dikejar - kejar pekerjaan yang sangat urgent? laptop hang atau blank screen (layar hitam) ketika dihidupkan ini tentunya semakin menambah beban pekerjaan kita.

Biasanya, sebelum terjadinya hang atau blank screen pada laptop akan diawali dengan munculnya not responding ketika booting sistem, dilanjutkan dengan tidak bergeraknya kursor mouse. Kejadian hang ini terjadi tidak hanya pada perangkat dengan sistem operasi windows 7 saja, melainkan pada sistem operasi windows 8 maupun windows 10 pun bisa saja terjadi.

Berikut ini merupakan tips yang perlu dicoba ketika laptop mendadak hang atau blank screen pada layar monitor:




A. Ketika Laptop Sedang Proses Booting
Pada saat komputer atau laptop sedang booting sistem, lakukan langkah – langkah seperti berikut.
  1. Restart Laptop, kemudian masuk pada menu BIOS dengan menggunakan F2. Jika tidak bisa dengan menekan tombol F2, perhatikan perintah yang ada pada layar monitor (untuk type laptop tertentu, terkadang perintah tombolnya berbeda atau bisa juga dengan menekan tombol DEL).
  2. Pilih Advanced BIOS Features, pilih BIOS cache ganti menjadi Disable
  3. Simpan dengan memekan tombol F10
B. Komputer Atau Laptop Not Responding
Komputer atau laptop not responding cara mengatasinya bisa dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan, pilih program yang not responding dan pilih tombol end task untuk mengakhiri program tersebut. Atau bisa juga dengan cara me-restart paksa komputer atau laptop.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa saya bagikan, semoga permasalahan cepat terselesaikan. Jika cara diatas masih tidak bisa membantu, sebaiknya insta ulang secara keseluruhan karena kemungkinan komputer atau laptop terdapat corrupt pada sistemnya atau bisa juga karena beberapa file penting pada sistem telah terinveksi virus.

Sebaiknya gunakan anti virus premium setelah proses instal ulang selesai, hal ini guna menghidari kejadian yang tidak diinginkan. Gunakanlah anti virus yang ringan seperti Esset NOD 32 anti virus atau kaspersky anti virus.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar