Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca oleh Komputer/Laptop

Flashdisk? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut kan? Ya, flashdisk merupakan media penyimpanan data eksternal atau portabel yang berukuran kecil serta mudah untuk dibawa kemana - mana. Secara fisik, ukuran dari flashdisk ini memang terlihat kecil, namun jangan salah kapasitas storage dari flashdisk ini memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar yang dapat menyimpan berbagai data baik itu dokumen, software, foto atau gambar.

Selain bentuknya yang kecil dan ramping, sayangnya media penyimpanan ini cukup rentan tingkat kerusakannya. Apalagi jika dipakai secara sembarangan atau jorok dalam penggunaanya seperti mencabut paksa tanpa di off kan terlebih dahulu maupun kerusakan yang disebabkan karena terinfeksi virus yang bandel, corrupt, tidak bisa diformat dan lain sebagainya. Jika tingkat kerusakannya tergolong ringan, masih ada cara untuk mengatasinya supaya flashdisk dapat berfungi dengan baik.

Berikut saya coba memberikan tips cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh Komputer maupun Laptop:

1. Install Ulang USB Driver



Cara Install Ulang USB Driver sangatlah mudah, yang pertama harus dilakukan adalah dengan menghubungkan flashdisk ke ke port USB komputer atau laptop terlebih dahulu.

  1. Buka Control Panel, kemudian pilih Hardware and Sound, lalu pilih kembali Device Manager .
  2. Pilih Universal Serial Bus Controller dilanjutkan dengan mencari perangkat USB Mass Storage Device. Klik kanan dan pilih uninstal.
  3. Cabut dan hubungkan kembali flashdisk tersebut, maka flashdisk secara otomatis akan merestart. Jika masih tidak terbaca, coba ikuti tips yang kedua dibawah ini.

2. Format Flashdisk Secara Full



Cara ini dapat membuat semua file yang terdapat didalamnya akan hilang, sebaiknya pikirkan baik - baik jika ingin melakukan format flashdisk. Untuk melakukan format secara penuh, cukup dengan menghilangkan tanda centang pada format options, kemudian tekan START.

3. Dengan Menggunakan Tools

Untuk memperbaiki flashdisk yang rusak, bisa juga dengan menggunakan bantuan tools dari HDD Low Level Format, cukup pakai yang portabel saja tanpa perlu menginstal aplikasinya. untuk langkah - langkahnya bisa disimak dibawah ini:

  1. Tancapkan flashdisk di komputer atau laptop.
  2. Kemudian download tools HDDGURU Low Level Format.
  3. Buka aplikasi tersebut dengan cara klik mouse bagian kanan, kemudian pilih "Run As Administrator".
  4. Pilih USB, kemudian klik opsi Continue.
  5. Setelah proses selesai, lakukan format ulang seperti tips pada nomor 2 diatas.

Mungkin hanya ini yang bisa saya jelaskan tentang tips cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh Komputer maupun Laptop, semoga flashdisknya dapat berjalan dengan normal. Termia kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar