Skip to main content

2 Cara Mengatasi Blue Screen Pada Layar Komputer Windows 10


Sistem operasi windows 10 merupakan software terbaru besutan microsft yang ditujukan untuk dapat digunakan diberbagai perangkat seperti perangkat mobile, tablet, desktop hingga server. Perlu diketahui juga, bahwa yang namanya perangkat lunak pasti masih memiliki bugs atau eror seperti tampilan blue screen pada layar monitor. Terlebih perangkat lunak ini masih tergolong baru.

Penyebab blue screen ini bisa terjadi karena beberapa kasus seperti saat setelah melakukan update dan ketika akan melakukan upgrade ke versi yang terbaru karena adanya software maupun hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem operasi tersebut hanya bisa direstart secara terus menerus tanpa bisa masuk pada jendela windows.

1. System Restore
Jika setelah melakukan update secara online, lalu setelah komputer/laptop direstart tiba - tiba layar menjadi blank warna biru. Cobalah terlebih dahulu dengan menggunakan metode restore. Dengan adanya system restore ini, kamu dapat mengembalikan keadaan komputer/laptop pada saat belum diupdate. Hal ini bisa menjadi solusi dari pemecahan masalah blue screen.

Untuk menemukan system restore pada windows 10 silahkan ikuti langkah - langkahnya dibawah ini:
  1. Buka control panel, kemudian pada system and security pilih opsi Review your computer's status.
  2. Pilih Recovery lalu pilih kembali Open System Restore. Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru.
  3. Beri cheklist pada show more restore point. Pada point ini, silahkan pilih Date and Time sebelum tanggal kejadian blue screen terjadi.
  4. Tunggu proses restorasi selesai dan restart komputer/laptop.
2. Instal Ulang
Jika cara yang pertama tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah dengan sangat terpaksa melakukan instalasi ulang program windows 10. Cara ini merupakan solusi yang sangat tepat. selain membersihkan file - file sampah dan virus yang tertanam, tentunya komputer/laptop kita sendiri akan menjadi fresh kembali.

Cara ini akan berhasil dengan catatan bahwa tingkat kerusakan disebabkan oleh software yang crash, jika kerusakan terjadi pada hardware kemungkinan besar harus mengganti hardware tersebut dengan yang baru.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan tentang 2 cara mengatasi blue screen pada layar komputer Windows 10. Jika dirasa kurang mengerti, silahkan tulis komentar dibawah ini. Terima Kasih.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 JAP KARDUS