Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Solusi Menghapus Pesan Easeus Partition Master Boot Mode pada Layar Komputer

Pesan eror EaseUS Partition Master boot mode yang muncul pada layar komputer biasanya terjadi akibat dari kesalahan partisi pada hardisk itu sendiri. Pesan tersebut akan tampil ketika anda me-restart dan/atau menghidupkan komputer yang sebelumnya telah dipartisi menggunakan EaseUS Partition Master. Namun yang dipartisi adalah hardisk Local Disk ( C: ) yang merupakan tempat penyimpanan file – file program windows diinstal.

Sebetulnya tidak akan jadi masalah juga walau yang dipartisi itu adalah Local Disk ( C: ), asalkan caranya benar. Tetapi yang namanya musibah bisa saja terjadi pada siapa saja walau sudah mengikuti tutorial dengan benar. Entah itu dari hardisknya yang memang sudah lemah, bad sector dan mungkin hardisk mengandung banyak virus, atau EaseUS Partition Master-nya sendiri yang sudah terinfeksi virus akibat dari komputer tidak terpasang anti virus yang benar – benar bagus.

BACA JUGA : Cara mengatasi GPT Partition saat Instal Program Windows

Jika sudah demikian, dan layar komputer sudah muncul pesan eror “EaseUS Partition Master boot mode” saat direstart, maka mau tidak mau harus diperbaiki agar komputer bisa booting kembali dengan normal.

Berikut ini saya akan berbagi tips untuk menghapus pesan eror EaseUS Partition Master boot mode pada layar komputer. silahkan ikuti petunjuknya dengan pelan dan teliti.

  1. Pertama, siapkan obeng plus dan minus;
  2. Siapkan laptop atau komputer cadangan, bisa juga pinjam laptop teman;
  3. Toolkit yang berfungsi untuk menghubungkan hardisk external ke laptop/komputer (saya lupa namanya);
  4. Buka hardisk yang bermasalah tersebut dan coba hubungkan hardisk ke laptop cadangan dengan bantuan toolkit tadi;
  5. Setelah hardisk external sudah terhubung, masuklah ke foder windows hardisk external dan carilah nama ”EPM Batch.ept”, lalu hapus;
  6. Setelah file ”EPM Batch.ept” terhapus, kembalikan hadisk ke komputer semula;
  7. Selanjutnya masukan windows installer (boleh installer dalam bentuk flasdisk maupun DVD), lalu bootinglah seperti saat akan menginstal program windows;
  8. Tekan tombol Shift + F10 untuk membuka Comment Promp (CMD);
  9. Setelah masuk ke Command prompt, ketikan Perintah [code type="Text"]bootrec /RebuildBcd bootrec /Fixboot bootrec /FixMbr[/code] ; dan
  10. Silahkan restart komputer.

Demikianlah tips tentang solusi menghapus pesan easeus partition master boot mode pada layar komputer.Semoga bermafaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Terima Kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar