Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Penyebab data flashdisk mendadak hilang tanpa diketahui

Secara umum kita jika menyimpan dan/atau memindahkan beberapa file kedalam flashdisk dengan cara yang benar, tentunya data tersebut akan tersimpan dengan baik allias tidak akan hilang begitu saja.

Banyak juga kejadian yang mengeluhkan bahwa semua file yang disimpan didalam flashdisk tiba - tiba mendadak hilang? sebetulnya faktor penyebab dari permasalahan ini karena adanya beberapa hal seperti:

1. Kualitas flashdisk yang sudah tidak bagus

Flashdisk yang tidak bagus atau sudah lemah daya kinerjanya bisa menjadi penyebab gagalnya proses penyimpanan data. Saran saya sebaiknya beli lah flasdisk yang benar - benar ori. Diluaran sana masih banyak toko yang menjual flashdisk dengan harga yang sangat murah alias bajakan. Jangan tergiur harga murah yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar, harus teliti sebelum membeli. Bisa jadi barang tersebut merupakan barang bajakan. Jika yang kita beli adalah barang bajakan, jangan berharap barang tersebut bisa bertahan lama.Beberapa kali pemakaian saja bisa langsung rusak.

2. Mencabut flashdisk dengan cara yang salah

Mencabut flashdisk dengan cara yang salah dapat menyebabkan file - file yang ada didalamnya mengalami kerusakan jika dibiarkan secara terus menerus. Sebaiknya matikan flashdisk terlebih dahulu sebelum mencabutnya dengan cara klik kanan pada penyimpanan flashdisk dilanjutkan dengan menekan tombol eject.

Sebaiknya ikuti prosedur diatas walau terlihat spele, selain menghindari rusaknya file namun cara diatas juga dapat memperpanjang usia pakai dari flashdisk itu sendiri.

3. Virus

Jika isi file yang disimpan didalam flashdisk mendadak hilang setelah setelah kamu mengambil data dari beberapa laptop yang tidak dilengkapi dengan anti virus yang berkulalias, sudah pasti flashdiskmu terjangkit virus yang menyebabkan file - file kamu hilang. Sebetulnya file kamu tidak benar -benar hilang, hanya disembunyikan saja oleh si virus atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan virus hidden. Jika kamu mengalami kejadian seperti ini sebaiknya jangan panik, masih ada jalan keluar yang bisa kamu coba untuk menampilkan kembali file yang disembunyikan oleh si virus.

Untuk mengembalikan isi file yang hilang, kamu bisa memanfaatkan antivirus yang ringan seperti SMADAV boleh dengan yang versi pro atau yang versi gratis juga sama saja.

Jika komputer dan/atau laptop kamu sudah terinstal antivirus smavad yang versi terbaru, klik kanan pada flashdisk kamu, selanjutnya scan dengan menggunakan smadav. Setelah proses scan selesai, buka opsi "hidden". Jika dikolom tersebut terdapat banyak file, kemudian pilih "select all" dan tekan "unhide all".


Setelah proses unhide all selesai, periksa kembali flashdisk-mu. Jika berhasil ditampilkan, biasanya file yang disembunyikan berada didalam folder. Cek satu persatu file - file penting kamu.

Setelah penggunaan smadav selesai, sebaiknya uninstal antivirus tersebut jika sebelumnya sudah ada antivirus. Jangan gunakan lebih dari satu antivitus dalam 1 komputer dan/atau laptop karena dapat memperlambat kinerja komputer.

Demikianlah tutorial cara memperbaiki data flashdisk yang hilang yang disebabkan oleh virus (virus hidden). Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sebarkan sebanyak - banyaknya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar