Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Pasti berhasil, 10 cara sukses mengatasi laptop lemot

Siapa yang tidak kesal jika tiba – tiba laptop kesanyangan mendadak lemot? Pastinya kamu tidak ingin kan? jika tidak ingin seperti demikian, sebaiknya pelajari cara merawat dan hal apa saja yang harus dihindari agar laptop tetap sehat seperti baru.

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi laptop yang lemot:

  1. Claer cache
  2. Bersihkan sisa – sisa sampah yang tidak berguna pada hardisk maupun history broswer, lakukanlah clear cache. Bisa menggunakan tool pembersih cache maupun secara manual. Jika ingin menggunakan tool, cobalah aplikasi yang ringan sekaligus gratis yaitu Ccleaner.
  3. Hilangkan beberapa tampilan animasi yang tidak begitu penting
  4. Hal ini penting untuk laptop yang memiliki kapasitas memori ram kecil. Caranya sangan mudah, pada menu pencaharian windows, ketikan perintah "Adjust the appearance and performance of windows", maka akan tampil kolom performance option. Sekanjutnya pilih "custom", dilanjutkan dengan menghilang tanda centang/ceklist pada item:
    • Animate controls and element inside windows
    • Animate windows when minimizing and maximizing
    • Animations in the taskbar
    • Enable peek
    • Fade or slide menus into view
    • Fade or slide tolltips into view
    • Fade out menu items after clicking
    • save taskbar thumbnail previews
    • Show shadows under mouse ponter
  5. Uninstal aplikasi yang tidak begitu penting
  6. Menginstal banyak aplikasi harus juga dibarengi dengan ruang penyimpanan hardisk dan memori ram. Faktor kedua ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika salah satunya tidak memenuhi syarat, dampak buruk yang akan terjadi pada laptop dapat menyebabkan lemot, bahkan yang lebih parahnya dapat menyebabkan crash, lag dan bisa jadi bluescreen.
  7. Pindah seluruh file dengan anti virus
  8. Penyebab dari lemotnya laptop bisa juga diakibatkan dari virus maupun malware. Layaknya manusia, laptop pun bisa terkena penyakit menular yang dapat menyebabkan menurunnya performa. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya pasanglah antivirus yang ringan, tidak rewel dan dan yang terjamin kualitasnya seperti antivirus Esset NOD 32 maupun Kaspersky. Kedua antivirus ini menurut saya adalah memiliki kualitas yang bagus, saya sendiri masih memakai salah satu diantara keduanya, yaitu esset NOD 32 versi terbaru.
  9. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan spek laptop, jangan memaksakan menginstal aplikasi/software yang spek-nya dibawah spesifikasi laptop
  10. Jangan terlalu banyak membuka apkilasi/software maupun lembar kerja office secara bersamaan,hal ini dapat meminimalisir laptop ngelag/hang jika laptopmu memiliki kapasitas memori ram yang kecil.
  11. Ganti sistem operasi (OS) ke yang lebih ringan
  12. Jika memiliki kapasitas RAM ram hanya sebesar 2 GB, sebaiknya jangan menginstal OS windows 7 64 bit, cobalah menggunakan versi 32 bit atau jika punya OS windows 10, cobalah beralih dengan menginstal OS 10 tersebut. Saya sendiri tadinya pemakai windows 7, namun setelah mencoba windows 10, perbandingannya ternyata lebih ringan windows 10 walau pun dengan menggunakan versi yang 64 bit.
  13. Termal Pasta
  14. Jika laptop telah berumur, sebaiknya cek kondisi termal pasta, jika sudah kering, segeralah ganti dan jangan lupa juga bersihkan kipas pendingin dari kotoran agar dapat bekerja maksimal.
  15. Upgrade memori RAM
  16. Umumnya saat membeli laptop baru, masih banyak laptop yang dibekali ram dengan kapasitas 2 GB atau 4 GB. Sebaiknya tambah menjadi 8 GB untuk memberikan ruang lebih pada ram.
  17. Ganti hardisk HDD menjadi SSD
  18. Penyebab kinerja laptop lambat dapat dipengaruhi juga oleh kecepatan baca dari hardisk, jika masih menggunakan hardisk HDD sebaiknya beralih dengan hardisk SSD.

Demikianlah ulasan dari saya tentang cara mengatasi laptop lemot dengan menggunakan 10 cara. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika ada cara lain yang lebih murah, selain yang saya jelaskan diatas, silahkan berikan komentar dibawah. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar