Skip to main content
JAP KARDUS

follow us

Jangan Panik jika Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting atau Dihidupkan

Yang namanya peralatan elektronik pastinya memiliki usia pakai dalam kurun waktu tertentu seperti masa pakai komputer/laptop. Hal tersebut bisa terlihat dari cepat habisnya daya baterai, komputer sering hang (blue screen), bahkan yang lebih parahnya lagi jika komputer sama sekali tidak bisa dihidupkan.

Jika hal - hal seperti yang saya uraikan diatas dan terjadi pada komputer milik kamu, sebaiknya jangan panik. Ada baiknya melakukan diagnosa masalah yang akan saya uraikan dibawah ini. Lakukan tahap - tahap berikut sebagai langkah antisipasi:

  1. Cek kabel power
  2. Masalah umum yang paling dasar yang menyebabkan komputer tidak mau menyala adalah karena tidak adanya daya listrik yang masuk. Sebaiknya periksa kabel power dengan menggunakan testpen. Jika kabel power normal memiliki satu arus positif dan arus negatif dan dan sisanya adalah ground. Lebih bagusnya lagi melakukan test dengan menggunakan tool multitester, Jika salah satu kabel tersebut tidak memiliki arus, sudah dapat dipastikan harus mengganti kabel power dengan yang baru. Jika masih juga ragu untuk membeli, sebaiknya lakukan pengujian dengan meminjam kabel power milik sahabat yang terdekat. ini adalah opsi yang paling murah
  3. Baterai
  4. Jika cara pertama telah dikerjakan, test kedua adalah baterai. Setiap baterai tentunya memiliki masa pakai, ada baiknya lakukan penggantian jika baterai sudah menandakan daya sering cepat habis, bahkan yang lebih parahnya daya baterai tidak mau mengisi sama sekali. Jika dibiarkan, bisa berakibat menurunnya kinerja komputer. Sebaiknya lepaskan baterai jika belum memiliki biaya untuk membelinya berhubung harga baterai lumayan mahal. Jangan takut menghidupkan laptop dengan menggunakan casan saja tanpa adanya baterai.
  5. Instal Ulang
  6. Langkah terakhir adalah dengan melakukan instal ulang dengan cara yang benar, maksudnya melakukan instalasi program dengan memformat file sistem yang sebelumnya digunakan, nantinya akan ada 2 opsi saat pertama kali instal ulang, pilih saja custom: Instal windows only (advanced). Hal ini berguna untuk menghilangkan sisa sisa cache dan virus yang tertanam.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan dasar tentang cara menghidupkan Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar yang sesuai tema postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan kecuali tautan yang relevan.
Buka Komentar